Smartphone Bisa Bikin Depresi

Seorang profesor psikologi organisasi dan kesehatan Universitas Lancaster, Inggris, memperingatkan para pengguna untuk mengatur waktu mereka bermain dengan ponsel pintar.

Menurut profesor bernama Cary Cooper itu, berlama-lama dengan smartphone dapat mengganggu kesehatan emosi, bahkan 'mematikan indera'. Menatap layar terus membuat para pengguna jauh dari orang-orang sekitar dan jadi pribadi yang pasif.

Hal itu karena pengguna merasa tak perlu berinteraksi dengan dunia luar atau menghadapi masalah di hadapannya langsung.

"Seperti televisi, cahaya menarik Anda ke dalam dan mematikan indera. Dapat bersifat adiktif dan merusak, dengan cara itu ponsel pintar menempati pikiran Anda," kata Cooper, seperti dikutip dari The Sun.

Para peneliti di Swedia juga mengamini pendapat kalau gadget berkontribusi pada munculnya stres, gangguan tidur hingga depresi. Faktanya, dari survei yang dilakukan Bayer, sebuah perusahaan farmasi, sebanyak 28 persen wanita mengaku kalau iPhone dan Blackberry merusak kehidupan seksual mereka. Ini termasuk secara obsesif selalu memeriksa email dan Facebook.

"Teknologi komputer dapat membuat kecanduan karena sifatnya yang psikoaktif. Yaitu membangkitkan mood dan memicu perasaan senang. Email khususnya, memberi kita kepuasan yang dalam istilah psikologi disebut penguatan variabel rasio," kata Cooper.

Artinya, kita tidak pernah tahu kapan kita akan mendapatkan pesan email, teks atau dari jejaring sosial. Sehingga, kita secara teratur memeriksanya, lagi dan lagi.

"Ini seperti mesin slot, kita mencarinya untuk membangkitkan perasaan senang. Menjadi subjek data yang konstan atau informasi berlebihan, yang risikonya membuat kontrol Anda berkurang," kata Cooper.

Ia juga memperingatkan, terus memandangi ponsel pintar efeknya seperti terus-menerus menggunakan lift ketimbang tangga, hanya karena tampaknya lebih mudah. "Dengan tidak menggunakan otak untuk melakukan fungsi-fungsi kognitif dan sosial, efeknya akan sangat terasa pada kesehatan emosi," ujar Cooper. (go4/*)

Sumber : metrotvnews.com


Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments