20 Misteri Sepanjang Masa (Bagian 1)

Dunia ini penuh dengan misteri yang tidak terpecahkan, beberapa di antaranya bersifat supranatural. Sudah banyak orang mengemukakan penjelasan atas fenomena yang membingungkan ini, tetapi tidak semuanya bisa memberikan jawaban yang memuaskan. Inilah 20 dari sekian banyak misteri di dunia yang dimaksud ...

1. Pulau Paskah


Pulau Paskah, juga dikenal sebagai Rapa Nui, terletak 2.000 mil di lepas pantai Tahiti. Penduduk asli pulau itu adalah bangsa Polinesia yang bermigrasi antara 400 dan 600 Sebelum Masehi. Mereka membangun banyak kuil dan patung, yang disebut Moai, dari batu yang digali di sekeliling pulau itu, termasuk situs gunung berapi. Yang masih jadi teka-teki adalah bagaimana caranya batu-batu besar itu dipindahkan.

2. Legenda El Dorado


Legenda El Dorado berasal dari Muisca, yang tinggal di negara modern Kolombia 1000-1538 Masehi. Dalam sebuah upacara ritual untuk dewi mereka, kepala suku akan menyelimuti dirinya dalam debu emas dan melompat ke danau sebagai persembahan. Hal ini melahirkan legenda kota emas yang hilang, yang membuat penasaran para penjelajah bangsa Spanyol.

3. Segitiga Bermuda


Segitiga Bermuda - terletak di Atlantik antara Bermuda, Florida dan Puerto Rico - adalah “maling” yang membuat sejumlah pesawat dan kapal hilang tak tentu rimbanya. Area ini diberi nama Segitiga Bermuda setelah Sersan Howell Thompson (inzet), bersama dengan 27 penerbang Angkatan Laut lainnya, hilang di situ saat melaksanakan penerbangan rutin pada tahun 1945. Ada yang menjelaskan kejadian itu dari sudut pandang supranatural, tetapi banyak pakar yang menyatakan penyebabnya adalah badai, kuatnya gelombang angin teluk dan human error.

4. Kekaisaran Inca


Kekaisaran Inka dari Amerika Selatan berkembang dan berjaya antara 1200 dan 1535 Masehi. Mereka mengembangkan sistem drainase dan kanal untuk memperluas ladang mereka, dan kota-kota dibangun di atas batu pegunungan yang curam - seperti Machu Picchu (lihat foto) - tanpa sekalipun pernah longsor. Namun keunggulan mereka, termasuk 40.000 prajuritnya, tidak mampu mengalahkan 180 orang penjelajah Spanyol yang bersenjata lebih canggih dan wabah cacar.

5. Kuil Bangsa Maya


Bangsa Maya adalah pencipta kalender abadi yang sangat terkenal karena menyebutkan bahwa kiamat terjadi pada Desember 2012. Hal ini tidak saja menghebohkan para arkeolog yang menelitinya, tapi masyarakat dunia. Ada yang meyakininya sebagai ramalan, tapi banyak yang berpendapat kalau itu hanya kesalahan perhitungan.

6. Garis-garis Nazca


Ukiran superbesar misterius yang disebut dengan Garis-garis Nazca terhampar lebih dari 190 mil persegi di padang pasir selatan Peru. Gambar 'Las Manos' (lihat foto) sudah berusia 2.000 tahun. Tak banyak yang tahu untuk apa orang-orang Nazca melakukannya, tapi banyak yang meyakini kalau itu adalah hasil karya makhluk asing. Dari sisi ilmiah ada teori yang menyatakan bahwa itu adalah semacam penunjuk arah ke sumber air.

7. Piramida


Khafre dan Khufu adalah dua dari tiga Piramida kuno di Giza, Mesir. Khufu adalah yang terbesar, terdiri dari lebih dari 2 juta batu, di mana ada bbeberapa yang beratnya 9 ton. Piramida, yang merupakan makam para raja Mesir, dibangun pada 2550 Sebelum Masehi. Pakar Mesir modern percaya bahwa batu-batu yang disusun jadi piramida berasal dari penambangan lalu diseret ke tempat itu. Menurut kesaksian bangsa Yunani kuno, piramida-piramida itu dibangun oleh tenaga terampil yang jumlahnya lebih banyak daripada budak.

8. Sphinx


Keajaiban lain dari Mesir adalah Sphinx di Giza. Dibangun dari bebatuan yang disusun berbentuk singa berkepalaFiraun. Banyak yang meyakini kalau itu adalah kepala raja Khafre. Bentuk Sphinx sudah tak utuh lagi. Semula, rusaknya bagian hidung Sphinx tersebut diduga akibat tembakan meriam prajurit Napoleon tahun 1798, namun sebuah sketsa kuno bergambar Sphinx tanpa hidung ditemukan jauh sebelum pasukan Napoleon datang ke situ.

9. Monster Loch Ness


Menurut cerita rakyat Skotlandia, makhluk mistis yang disebut kuda air itu memancing anak kecil untuk datang ke kuburan air lalu membujuk mereka untuk naik ke punggungnya yang lengket. Monster Loch Ness menghebohkan Inggris tahun 1933, setelah munculnya laporan sejumlah saksi dan menjadi berita utama surat kabar di sana. Tidak ada bukti kuat tentang keberadaan makhluk itu, kecuali inzet foto di atas, yang ternyata hanya hoax.

10. Alien


Area 51, yang terletak di Groom Lake di bagian selatan Nevada didirikan pada tahun 1955 oleh Angkatan Udara AS untuk mengembangkan dan menguji pesawat baru - seperti pesawat mata-mata U-2, A-12 Blackbird dan F-117 Stealth Fighter. Ketatnya kerahasiaan pangkalan militer itu berkaitan dengan riset rahasia tentang pesawat terbang, memunculkan teori konspirasi/ dugaan adanya eksperimen perjalanan waktu, temuan UFO dan otopsi atas mayat alien. (bersambung)



Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments