Pentingnya Minum Air Putih

Jangan lupa untuk minum banyak air putih. Saat Anda melakukan aktifitas fisik yang berat, minumlah air meskipun Anda tidak sedang haus.

Mengapa demikian? Karena :

  1. Air adalah substansi kehidupan. Pastikan asupan air segar dalam tubuh terjaga agar tetap terhidrasi dengan baik.
  2. 70% tubuh kita terdiri dari air. Pertahankan rasio itu agar tubuh tetap sehat. Air adalah materi paling penting yang harus kita berikan kepada tubuh.
  3. Tubuh sulit mendapatkan air dari sumber manapun selain air itu sendiri. Minuman ringan dan alkohol mengurangi kandungan air dalam tubuh. Bahkan minuman lain seperti kopi, susu dan jus membutuhkan air dari tubuh untuk dicerna.
  4. Air memegang peranan penting di hampir seluruh fungsi organ vital kita.
  5. Air sangat penting untuk kelancaran pencernaan, penyerapan gizi dan reaksi kimia dalam tubuh.
  6. Air sangat penting untuk kelancaran sirkulasi dalam tubuh dan fleksibilitas pembuluh darah.
  7. Air membantu mengeluarkan racun (limbah asam) dari tubuh, khususnya dari saluran pencernaan.
  8. Air mengatur suhu tubuh kita. Bayangkan sebuah mobil yang berjalan tanpa air dalam radiator.
  9. Kurang minum air dapat menyebabkan Dehidrasi Sel Kronis, yaitu suatu kondisi di mana sel-sel tubuh akan lemah dan rentan terserang penyakit karena tidak mendapatkan cukup cairan. Hal ini akan melemahkan sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh dan menyebabkan ketidakseimbangan kimiawi, gizi dan pH dalam tubuh.
  10. Dehidrasi bisa terjadi pada setiap saat sepanjang tahun, tidak hanya selama musim panas ketika masih panas. Kekeringan yang terjadi saat musim dingin dapat mendehidrasi tubuh lebih cepat daripada saat sedang panas, salah satu penyebab utamanya adalah pemanas sentral dan suasana kering di rumah. Juga karena kurangnya minum cukup air. Banyak penyakit seperti kolera disebabkan terutama karena dehidrasi.

Tips :
Usahakan untuk minum sebanyak setengah dari berat tubuh Anda setiap hari agar persyaratan minimum penggantian cairan dalam tubuh Anda terpenuhi. Jika sulit dilakukan, mulailah dengan minum air secara bertahap dan bertambah jumlahnya setiap hari hingga tercapai persyaratan minimum.

Sumber : harmonikireland.com


Related Posts
Previous
« Prev Post

1 comments

Anonymous
June 20, 2017 at 4:50 PM

your articel very good
raja poker

Reply
avatar

Comments