Mitos Seputar Kesehatan (3)

Mitos: Udara Dingin dapat Menyebabkan Sakit

Mitos ini umum diyakini di mana-mana, tapi tidak benar,” kata Vreeman kepada MyHealthNewsDaily. Sejumlah penelitian menunjukkan, kita mungkin saja merasakan gejala flu, riil atau sekedar perasaan, saat kedinginan, tapi sebenarnya suhu udara tidak membuat kita rentan terhadap virus.

Hal ini diketahui setidaknya sejak 1968 ketika sebuah penelitian yang dirilis di New England Journal of Medicine menunjukkan apa yang terjadi saat para peneliti orang-orang yang kedinginan ditulari rhinovirus (virus yang biasa menyebabkan flu). Meskipun mereka menggigil kedinginan, tapi tidak terlihat kalau mereka sakit. Justru terlihat biasa saja sebagaimana berada di suhu nyaman.

Jadi, meskipun Anda sakit flu, tak perlu ragu untuk keluar rumah meski udara di luar sangat dingin. Beristirarahat adalah cara yang tepat saat Anda sakit, tak peduli apakah udara sedang dingin atau tidak, kata Vreeman. Justru, udara dingin mungkin bisa membantu tubuh Anda.

Beberapa ilmuwan berpendapat, bahwa flu lazim di jumpai di musim dingin karena orang lebih suka berdiam diri di rumah, saling berinteraksi dengan orang lain, sehingga berpeluang terjadinya penularan virus flu dari penderita ke orang lain.

Baca juga mitos seputar kesehatan lain :
- Vaksin dapat menyebabkan flu (dan autisme)
- Suplemen Selalu Menyehatkan

Sumber : myhealthnewsdaily.com


Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments