Akankah Spider-Man Jadi Kenyataan?

Saat ini para ilmuwan tengah meneliti material asing mirip jaring laba-laba berwarna putih yang ditemukan pada limbah nuklir di Savannah River Site, Carolina Selatan, sebuah fasilitas pembersihan nuklir seluas 300 mil persegi milik Departemen Energi Amerika Serikat, bulan lalu. Sebagian di antara mereka khawatir material itu adalah ‘produk’ dari laba-laba mutan.

Material misterius yang sebelumnya tidak pernah ada di limbah nuklir itu ditemukan di antara ribuan bahan bakar bekas yang terendam di kedalaman kolam.

Para pakar dari Savannah River National Laboratory mengumpulkan sampel-sampel kecil untuk diteliti lebih lanjut.

Sebuah laporan yang dibuat oleh Dewan Keselamatan Fasilitas Pertahanan Nuklir menyimpulkan, bahwa mtaterial hidup mirip jaring laba-laba tersebut masih belum teridentifikasi, tapi diduga merupakan mahluk hidup dan perlu penelitian lebih jauh untuk memastikannya.

Keberadaan material aneh tersebut sempat memicu kekhawatiran akan “terciptanya” makhluk mutan ala Frankenstein. Atau seperti yang digambarkan dalam komik Spider-Man, di mana Peter Parker digigit oleh laba-laba yang terpapar radioaktif.

Para pakar mengatakan, bahwa setiap makhluk hidup yang ada di kolam berisi air (dimaksudkan untuk melindungi para pekerja), akan berpeluang terpapar bahan bakar nuklir.

Hal ini akan meningkatkan kemungkinan terjadinya perubahan genetik makhluk tersebut menjadi spesies baru yang tak lazim.

Faktanya, memang ada organisme yang memiliki resistensi (kekebalan) alami terhadap radiasi nuklir, yang disebut ‘radioresistant’. Deinococcus radiodurans adalah salah satu organisme radioresistant dan telah direkayasa genetik untuk dimanfaatkan dalam treatment limbah nuklir.

Will Callicott, juru bicara Savannah River National Laboratory mengatakan dalam e-mailnya, bahwa pihaknya butuh sampel yang lebih besar untuk dianalisa. Namun, “Apapun material itu, tak menunjukkan tanda-tanda merusak,” katanya.

Sejauh ini belum ada komentar dari Dewan Keselamatan Fasilitas Pertahanan Nuklir perihal hal tersebut.

Sumber : dailymail.co.uk


Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments