Apakah Mimpi Anda Bermakna Sesuatu?

Suatu ketika Anda bermimpi berada dalam sebuah rumah, hanya saja itu bukan rumah Anda. Anda berjalan melalui sebuah lorong aula yang panjang dan tiba-tiba Anda mendapati diri Anda sedang makan malam bersama guru bahasa Inggris Anda. Anda merasa sedang menghadapi ujian, padahal Anda belum belajar. Kemudian Anda terbangun dengan keringat dingin membasahi sekujur tubuh Anda.

Apa itu artinya?

“Kebanyakan mimpi-mimpi kita disebabkan oleh kecemasan,” kata Adele Nozedar, penulis buku "Freaky Dreams: An A-Z of the Weirdest and Wackiest Dreams and What They Really Mean" (HarperCollins). “Proporsi terbesar dari mimpi adalah karena kita mengkhawatirkan sesuatu.”

Nozedar, yang belajar psikologi di Inggris dan telah menulis dua buku tentang arti di balik tanda dan simbol, melakukan analisa terhadap lebih dari 150 mimpi untuk bukunya. Mimpi tersebut berkisar dari keanehan, seperti “Saya melempar pacar Phil Collins ke tebing” sampai hal lucu, seperti “Saya bermimpi masuk ke cerita anak-anak, di mana ada makhluk separo kupu-kupu separo ikan duyung. Dia menyebutnya ‘Buttmaid.’ Dalam mimpi tersebut juga ada tema-tema umum, seperti gigi copot, bugil di tengah khalayak ramai, dikejar-kejar, jatuh, terbang, dan tidak siap menghadapi ujian.

“Semua mimpi yang paling populer berkaitan dengan sesuatu yang membuat cemas, seperti takut di ekspos, kehilangan kendali, dan tidak siap,” kata Nozedar. “Satu-satunya mimpi yang tidak bersumber dari kecemasan adalah terbang. Jika Anda melayang di atas atap rumah, pastilah mengasyikkan. Hal itu merupakan implikasi dari rasa percaya diri Anda dan kehidupan yang menyenangkan.”

Latar belakang Nozedar dalam mempelajari tanda-tanda dan simbol menginspirasinya untuk memasukkan kamus simbol secara alfabetik di bukunya.

“Sebuah biji bisa menjadi pertanda untuk sebuah awal baru, atau benih dari sebuah gagasan,” ujarnya. “Jika Anda bermimpi berada di kebun binatang, khususnya binatang dalam kandang, hal itu bisa berarti bagian dari kepribadian Anda sedang terkungkung oleh suatu alasan tertentu.”

Ada mimpi yang mungkin membantu mengatasi masalah pekerjaan kita, ada juga yang menuntun kita menemukan sesuatu saat kita bangun, lanjut Nozedar. Madam CJ. Walker, seorang pengusaha produk perawatan rambut hitam, menyatakan bahwa ia mengembangkan formula untuk conditioner rambut berdasarkan mimpi.

“Hal yang mengikat semua mimpi penemuan bersama-sama di mana orang menemukan solusi saat bermimpi adalah karena adanya obsesi,” katanya.

Jika Anda kesulitan untuk mengingat kembali mimpi Anda, Nozedar mengatakan agar kita memutus pola tidur Anda.

“Tahap pertama dari mimpi terjadi 90 menit setelah Anda tidur,”katanya. “Pasang alarm, taruh buku catatan dan pensil di samping tempat tidur Anda.”

Cara lain, menurut Nozedar, adalah makan makanan yang sulit dicerna sebelum Anda buang air besar pada hari itu.

“Mereka yang makan keju berbau, seperti Stilton atau keju biru, sebelum tidur akan mendapat mimpi yang ‘liar’,” katanya. “Anda juga bisa mendapatkan bayi, sebab rumor mengatakan kalau bayi akan membuat Anda terjaga di malam hari.”



Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments