Heboh Gajah Purba di Siberia

Beberapa waktu lalu di internet beredar video penampakan gajah purba alias mammoth. Secara khusus koran The Sun mengulas kemunculan mammoth yang sebenarnya telah punah jutaan tahun lalu itu. Rekaman samar-samar yang menampilkan sesosok makhluk sedang menyeberang sungai itu diduga "direkam oleh teknisi pemerintah di daerah Chukotka Autonomous Okrug, Siberia, musim panas lalu."

Tak ayal, video itu mengundang sejumlah reaksi di dunia maya. Kebanyakan mengganggapnya sebagai hoax, tipuan menggunakan teknologi komputer. Banyak faktor yang membuat orang yakin video itu hanya tipuan semata, termasuk kredibilitas orang yang mempostingnya, seorang penggiat paranormal bernama Michael Cohen, yang pernah terlibat dalam beberapa video penampakan UFO dan fenomena lain yang diragukan kebenarannya.


Singkatnya durasi video juga merupakan faktor yang patut dicurigai. Perekaman berhenti saat sebelum mammoth tersebut mencapai tepi sungai. Rasanya sulit dibayangkan, orang yang sedekat itu dengan hewan prasejarah hanya merekam selama kurang dari 10 detik.

Tapi, benarkah video penampakan mammoth itu cuma hoax? Atau beruang yang tengah menggigit ikan hingga terlihat seperti belalai gajah?

Derek Sera, seorang seniman efek video Hollywood mengatakan, bahwa "penampakannya sengaja dibuat samar-samar."

Sera bukan satu-satunya orang yang menguak tabir misteri itu. Adalah Ludovic Petho, seorang penulis dan videographer, yang mengunggah video sungai Kitoy di pegunungan Sayan, Siberia, musim panas 2011 lalu. Petho merekam sungai Kitoy saat dalam perjalanan seorang diri selama 10 hari pendakiannya. Video tersebut sengaja ia buat sebagai bagian dari proyek video tentang pelarian kakeknya dari POW di Siberia tahun 1915.

"Saya tidak ingat ada mammoth saat membuat video itu. Yang ada cuma beruang, rusa, dan musang", katanya kepada Life's Little Mysteries. "Saya tidak tahu rekaman saya dijadikan tipuan seperti ini." Petho menegaskan, bahwa video aslinya diunggah di YouTube sejak Juli 2011, menggambarkan pemandangan alam biasa, tanpa gajah purba berbulu, tentunya.

Berikut ini video asli buah karya Petho. Adakah mammoth di sana?


Sumber : lifeslittlemysteries.com


Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments