Waspadai Benda-benda Plastik yang Anda Gunakan

Plastik telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam hidup kita sehari-hari. Plastik dibuat menjadi beragam produk dengan berbagai kegunaan. Alasan kenapa plastik digunakan adalah karena harganya relatif murah dan tidak mudah patah. Plastik juga biasa digunakan untuk mengemas makanan. Hal ini dapat mengganggu kesehatan jika kita tidak jeli mengamati bahan plastik yang kita gunakan. Namun, jika kita mau sedikit saja berhati-hati, kita dapat mengetahui apakah plastik tersebut berbahaya atau tidak.

Hal yang kita perlu perhatikan adalah kode yang terdapat pada bagian bawah kemasan plastik. Kode tersebut menunjukkan jenis dari bahan plastik dibuat. Kodenya berbentuk segitiga yang terdiri dari 3 panah atau tulisan tentang bahan plastik. Dengan memahami itu, kita bisa mengenali apakah jenis kemasan plastik makanan tersebut berbahaya atau tidak.

1: Terephalate Polyethylene (PET / PETE)

Biasanya kemasan minuman dari mineral dengan warna transparan. Kemasan ini bersifat disposable, karena kandungan kimiawinya dapat berpengaruh pada isi kemasan jika digunakan dalam waktu lama.

2: High Density Polyethylene (HDPE)

Biasanya digunakan untuk kemasan obat atau kandungan kosmetik.

3: polyvinyl chloride (PVC)

Ini adalah bahan yang paling berbahaya. Biasa digunakan untuk saluran air, bahan baku bangunan, kadang mainan. Para orang tua wajib mewaspadai mainan anak-anak yang mengandung PVC ini.

4: Low Density Polyethylene (LDPE)

Digunakan untuk membungkus sayuran dan daging beku.

5: Polypropylene (PP)

Dipakai untuk bahan kemasan makanan, minuman, margarin, botol shampoo atau botol bayi.

6: polystyrene (PS)

Polystyrene adalah bahan yang berbahaya bagi tubuh. Jika makanan berminyak dipanaskan dalam kemasan ini, styrene akan meresap ke dalam makanan. Untuk itu penggunaan bahan ini untuk kemasan makanan sangat tidak dianjurkan. Biasanya stryofoam dijadikan bentuk gelas, piring, sendok dan garpu (padahal stryrofoam sudah lama diketahui dapat menyebabkan kanker), serta kotak CD.

7: Kategori Lain-lain

Kategori ini adalah kategori bahan plastik selain nomor 1 s/d 6 di atas. Di kategori ini adalah termasuk Polycarbonate yang juga rentan bagi kesehatan. Namun ada juga bahan yang baik untuk lingkungan karena dapat diuraikan. Namanya tepung bioplastik yang terbuat dari jagung, kentang, atau tebu.

Bahan makanan aman jika menggunakan plastik berkode 2, 4 dan 5. Kode nomor 7 adalah untuk plastik yang tidak jelas bahannya, sehingga harus lebih diwaspadai. Demi kesehatan, kita harus betul-betul memperhatikan kode yang tertulis.

Semoga bermanfaat.

Sumber : halanmediacorp.com


Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments