Jogging Bermanfaat Meningkatkan Kekuatan Otak

Meningkatkan kerja otak dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengisi teka-teki silang atau makan yang kaya akan omega 3. Sebagai tambahan informasi, ada cara lain untuk meningkatkan kekuatan otak, yaitu dengan jogging.

Menurut tim riset dari Cambridge University, lari atau jogging akan memicu pertumbuhan ratusan ribu sel otak baru dalam formasi dan penyimpanan memori.

“Kami tahu kalau olah raga berguna untuk kesehatan dan fungsi otak. Riset ini dilakukan untuk menjabarkan mekanisme dan pengaruhnya,” kata Timothy Bussey, peneliti dari Cambridge, sebagaimana dikutip dari India Times.

Selama penelitian, para ilmuwan mengamati dua kelompok tikus. Kelompok pertama diberi kebebasan untuk memainkan roda putar dengan rata-rata 24 putaran per hari. Sementara itu, tikus di kelompok kedua dibatasi bermain roda putar.

Tikus-tikus tersebut ditempatkan di depan layar komputer yang menampilkan 2 buah kotak yang sama persis. Menurut para peneliti, jika tikus menyentuh kotak kiri dengan hidungnya, ia akan mendapat makanan. Tapi jika ke kanan, tidak dapat apa-apa.

Tikus-tikus itu selanjutnya diuji daya ingatnya, di mana jika menunjuk kotak yang benar mereka akan dapat nilai. Hasilnya menunjukkan, tikus dari kelompok satu mendapatkan nilai yang lebih besar daripada rekan-rekannya dari kelompok dua.

Sumber : halanmediacorp.com


Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments