Tips Mengokohkan Perkawinan

Sudah lama diketahui bahwa orang yang menikah pada umumnya lebih sehat dan hidup lebih lama dibandingkan mereka yang membujang. Orang menikah lebih kecil resiko terserang kanker dan jantung, dan bahkan demensia (kepikunan). Sebuah penelitian mendapati, mereka yang menikah lebih kecil kemungkinan menderita sakit kepala, punggung, dan tekanan psikologis. Mereka lebih aktif dan cenderung tidak merokok.

Tapi saat perkawinan dikaitkan langsung dengan kesehatan dan kesejahteraan secara teoritis, hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa hal ini tidak berarti mereka yang menikah jadi bebas masalah. Faktanya, hubungan yang tidak sehat dapat berdampak negatif jauh lebih besar ketimbang para bujangan. Sebuah studi tahun 2005 yang dipublikasikan di “The Archives of General Psychiatry” menemukan bahwa pasangan yang bermasalah berat lebih rentan terhadap penyakit. Selain itu juga ditemukan bahwa perkawinan yang tidak bahagia cenderung mengakibatkan penyakit kronis, serangan jantung dan kolesterol tinggi.

Adalah normal jika pasangan yang berumah tangga mengalami tekanan emosional, tapi sepatutnya tidak dibiarkan berlarut-larut, yang berakibat tidak saja stress secara psikologis, tapi juga fisik. Berikut ini tujuh cara menguatkan perkawinan Anda agar langgeng dan bahagia:

Melakukan Kencan Ulang

Bagi pasangan yang telah menikah, seringkali terjebak pada rutinitas kesibukan sehari-hari, sehingga waktu untuk berdua jadi berkurang. Cobalah untuk mengenang kembali masa-masa Anda pacaran atau bulan madu. Apa yang Anda berdua nikmati bersama? Mungkin Anda suka ke kebun binatang, museum, atau hiking. Mungkin Anda senang saat pasangan Anda memijat punggung Anda, walau kadang Anda tidak memintanya. Apapun yang akan membantu mempertahankan keromantisan antara Anda dengan si dia, lakukan lagi sesekali.

Tunjukkan Apresiasi Anda

Jika Anda punya sesuatu untuk mengapresiasi pasangan Anda, katakan! Menurut John Gottman, Ph.D., pakar perkawinan dan penulis buku The Seven Principles of Making Marriage Work, pasangan yang secara rutin saling memuji satu sama lain akan lebih bahagia karena akan selalu mengingatkan mereka bahwa mereka dicintai. Jangan anggap pasangan Anda secara otomatis tahu betapa Anda mencintainya. Pemberian apresiasi karena kepiawaiannya mengurus rumah dan anak-anak, memasak, berdandan, atau apapun, katakan saja. Cepat atau lambat, si dia pun akan melakukannya untuk Anda.

Lakukan Hal-hal Kecil untuk Pasangan

Misalnya pasangan Anda menyukai tanaman hias tertentu, tapi tak sempat membelinya. Carilah cara untuk menunjukkan pengaruh dan apresiasi Anda. Buat kejutan untuknya. Belikan si dia tanaman kesukaannya dan pasangan Anda akan sangat bahagia. Hal-hal kecil seperti ini akan membuat hubungan Anda makin mesra.

Belajar Menahan Diri

Menurut Gottman, pasangan yang berbahagia tidak akan mengatakan hal-hal kritis saat mendiskusikan topik yang peka.

Saling Menghargai

Saling menghargai adalah aspek terpenting untuk menuju rumah tangga yang sehat. Bersikaplah santun. Jangan merendahkan pasangan Anda dan pastikan Anda menunjukkan perilaku sopan sebagaimana Anda lakukan pada orang lain.

Bersikap Positif

Perbedaan besar antara perkawinan yang stabil dan labil adalah besarnya interaksi positif yang diperlukan. Kritik membangun memang penting, tapi jangan sampai terlalu mendominasi interaksi Anda dengan si dia. Libatkan diri Anda secara aktif dengannya. Mintalah pendapat darinya. Dan jangan lupa tersenyum.

Cari Bantuan

Jangan ragu untuk mendatangi penasehat perkawinan atau melibatkan diri dalam berbagai kegiatan berdua yang membantu memperkuat perkawinan Anda. Jika Anda mengalami masalah pribadi, seks misalnya, bacalah buku yang sesuai agar Anda dapat belajar mengatasinya bersama pasangan Anda. Jika berselisih soal uang, temui terapis perkawinan yang dapat memberikan nasehat bijak tentang cara-cara berkomunikasi yang efektif

Sumber : Reader's Digest


Related Posts
Previous
« Prev Post

1 comments

November 13, 2013 at 10:26 AM

wah wah wah ,, tergagum kagum ane gan liat postingan agan yg satu ini, bahasanya sederhana, ringkas,jelas dan padat. Informasi yang di berikan juga sangat bagus. 6 jempol dah gan buat postingan agan yg ini.. bener2 luar biasa. boleh ni ane belajar sama agan biar bisa posting sebagus ini. :)
oke dah gan jangan panjang2 komentarnya, pokonya te ope begete dah buat ente gan.. Posting terus dah artikel yang bagus dan berkualitas seperti ini bahkan lebih bagus lagi dari ini..

Reply
avatar

Comments