Merek/ Nama Produk yang Diartikan Sebagai Jenis Benda

Banyak pertimbangan ketika seseorang atau perusahaan menentukan merek/ nama produk yang akan mereka hasilkan, tapi biasanya tak jauh dari domain atau jenis produknya. Yang paling mudah adalah menggunakan namanya sendiri untuk nama produk (biasanya dilakukan oleh produsen kendaraan bermotor), namun meski begitu, nama itu bisa mendunia.

Bagi kita para pengguna, kerap menyebut merek/ nama produk tersebut sebagai benda tertentu. Biasanya ini terjadi untuk produk-produk jenis baru yang pertama kali muncul dan terlanjur melekat di ingatan kita, meskipun kemudian muncul produk-produk sejenis dengan merek dan produsen berbeda.

Berikut ini contohnya :

Odol

Banyak di antara kita yang selalu menyebut odol untuk pasta gigi, meskipun mereknya Pepsodent misalnya. Atau Colgate. Padahal, Odol itu sendiri adalah merek pasta gigi.

Rinso

Untuk sabun deterjen, Rinso inilah yang mewakili penyebutan berbagai merek sabun deterjen, walaupun bermunculan banyak merek lain yang sejenis, seperti B-29, Wings, Attack, dan sebagainya.

Aqua

Meskipun merek air mineral dalam kemasan banyak beredar belakangan ini (Aqua, Club, Vit, Cheers, dan lain-lain), tapi tetap saja di antara kita menyebut Aqua untuk air mineral. Padahal diberi merek lainpun tak masalah.

Indo Mie

Untuk mie instant, awalnya orang biasa menyebut Supermi, namun entah kenapa kemudian Supermi kalah pamor dengan Indo Mie. Banyak pemilik warung makan yang menulis Indo Mie di depan warung mereka untuk sajian mi instant yang dijualnya, padahalnya mereknya ada yang Mi Sedaap atau Supermi.

Honda

Barangkali Honda adalah satu-satunya merek kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor, yang kadang masih dipakai untuk mewakili sepeda motor. Kalau ada yang tanya "Kesini naik apa?" dan dijawab "Naik Honda", belum tentu yang dinaiki itu Honda. Bisa saja Yamaha, Suzuki, atau Kawasaki. Namun hal ini tak berlaku untuk Vespa. Vespa tetap disebut sebagai Vespa, mungkin karena bentuknya yang berbeda.

Mercedes Benz

Untuk mewakili penyebutan mobil berkelas, mewah dan mahal, Mercedes Benz lah dedengkotnya. Padahal banyak merek mobil lain yang mempunyai varian produk tak kalah mewah dan mahal dibanding Mercy.

Kodak

Meskipun produsennya dinyatakan bangkrut, tapi nama Kodak masih melekat kuat di ingatan sebagian besar dari kita untuk menyebut kamera/ tustel.

Kentucky (Fried Chicken)

Untuk urusan ayam goreng renyah, Ketucky adalah nama yang paling umum disebut. Bahkan penjaja kuliner di kaki lima pun menggunakannya, dengan penulisan yang agak berbeda: Kentaky.

Kojak

Kojak adalah nama tokoh detektif dalam film seri TV era 70-an dengan judul yang sama. Diperankan oleh Telly Savalas yang mempunyai ciri khas kepala plontos. Saking populernya film ini, setiap orang berkepala gundul selalu disebut dengan Kojak kala itu.

Bodrex

Jika sakit kepala, Bodrex obatnya! Itu kata iklan. Nyatanya, memang merek inilah yang disebut untuk mengobati kepala yang puyeng. Padahal waktu itu ada pesaing bernama Aspirin yang tak kalah ampuhnya.

Foto dari berbagai sumber (mp2)


Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments