12 Cara Agar Terlihat Awet Muda di 2012

Tahun boleh bertambah, demikian pula dengan usia. Tapi penampilan tetap harus dijaga agar kita tampak awet muda. Itu yang kita semua inginkan, bukan? Dari mengkonsumsi vitamin D sampai menjaga tekanan darah dan mengelola stress, inilah 12 strategi antipenuaan yang akan membantu Anda terlihat awet muda menyongsong tahun 2012 dari Shine :

1. Mengkonsumsi vitamin D. Dr. Mehmet C. Oz, M.D., and Michael F. Roizen, M.D menyebut vitamin D sebagai “antipenuaan terampuh”. Itu karena vitamin D memelihara daya ingat, kulit, jantung, tulang, dan pembuluh darah, serta membantu memerangi kanker. Memberi tubuh asupan vitamin D rutin setiap hari (1.000 mg; 1.200 mg untuk usia di atas 60 tahun) akan menjadikan tubuh terasa 9,4 tahun lebih muda.

2. Merawat gigi dan gusi. Senyum yang sehat pasti akan tampak menyenangkan – juga akan membantu kinerja pembuluh darah dan kekebalan tubuh tetap prima. Flossing (membersihkan sela-sela gigi dengan benang) dan menggosok gigi secara rutin dapat mencegah penyakit gigi dan gigi tanggal, sehingga akan membuat Anda serasa 6,1 tahun lebih muda.

3. Perhatikan angka-angka Anda. Menjaga ukuran lingkar pinggang, tekanan darah, gula darah, dan kolesterol tetap pada zona sehat akan mengurangi resiko terserang berbagai penyakit, termasuk serangan jantung. Langkah ini akan membuat tubuh Anda terasa 19,8 tahun lebih muda.

4. Mengelola stress. Stress dapat datang kapan saja, dalam bentuk, ukuran dan kekuatan beragam. Ada stress yang baik, ada juga yang buruk. Stress buruk akan membuat Anda menua luar dalam. Mengatasi stress buruk dengan bermeditasi atau teknik meditasi lain akan membantu Anda merasa 1,7 tahun lebih muda.

5. Silaturahmi. Melakukan kontak dengan kerabat dan sahabat melalui e-mail, telepon atau bertemu langsung akan membuat Anda terasa 8,5 tahun lebih muda.

6. Angkat beban. Berolah raga mengangkat beban akan membuat otot-otot dan tulang Anda terlatih. Berlatih kekuatan selama 10 menit secara rutin 3 kali seminggu akan membuat tubuh Anda terasa 2,6 tahun lebih muda.

7. Gembira. Tontonlah tayangan-tayangan komedi yang membuat Anda tertawa. Sering tertawa (tapi jangan waktu Anda sendirian ya), akan membuat tubuh Anda tampak 8 tahun lebih muda.

8. Banyak makan buah dan kacang-kacangan. Buah dan kacang-kacangan adalah asupan sehat untuk jantung, otak, dan ukuran pinggang. Mengkonsumsi 4 – 5 porsi buah dan segenggam kacang-kacangan akan membuat Anda merasa 6,4 tahun lebih muda.

9. Mengkonsumsi biji-bijian. Biji-bijian alami kaya akan serat dan nutrisi akan membantu tubuh menangkis penyakit dan menurunkan berat badan. Makan sekurangnya 5 porsi biji-bijian utuh sehari sekali akan membuat kita merasa 2,6 tahun lebih muda.

10. Memikirkan hal-hal yang menyenangkan. Berpikir positif dan perilaku yang baik akan membantu keseimbangan sistem vital tubuh kita, dan terasa 5,2 tahun lebih muda.

11. Berlatih secara konsisten. Latihan biasa yang dilakukan rutin selama 30 menit sehari akan membuat tubuh bugar dan terasa 9 tahun lebih muda.

12. Tidur. Tidur yang cukup akan membuat energi kita meningkat dan berat badan turun. Tidurlah sekurangnya 6 jam semalam, tapi jangan lebih dari 9 jam, akan membuat Anda terasa 3,4 tahun lebih muda.

Sumber : Shine           |            Foto : constantlyhealthy.com


Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments