Redraw Komik Godam Reborn Logi 1

Godam Reborn adalah komik trilogi terbitan Metha Studio Jogja. Logi I berjudul Godam Reborn terbit tahun 2006, logi II (Jodoh Buat Awang) tahun 2008 dan logi pamungkas (Godam vs Godam) pada September 2011 lalu, di mana saya turut terlibat penuh dalam proses pembuatannya (previewnya dapat Anda lihat di sini).

Kira-kira Oktober 2010, Metha Studio berinisiatif untuk membuat ulang logi I dalam format komik strip dan berencana akan menjualnya pada media cetak koran. Hanya saja belum ditentukan akan ditawarkan ke koran mana. Tujuannya tak lain adalah memperkenalkan karakter Godam baru pada khalayak yang lebih luas. Hal ini dapat dipahami mengingat, sebagaimana dikutip dari pernyataan pak Akhmad Makhfatih (salah seorang pendiri dan penyandang dana Metha Studio), pemasaran dalam bentuk buku sangat terbatas karena animo masyarakat terhadap komik-komik lokal masih sangat rendah. Peminatnya lebih banyak dari kalangan mereka yang berusia 40 tahun ke atas yang mempunyai ikatan emosional dengan karakter komik superhero era 70-80an karena pernah mengalami masa kejayaan pada era tersebut.

Dalam pembuatan versi strip ini awalnya saya kebagian job mengerjakan penciling dan inking saja sebanyak + 300 halaman sebagaimana diinginkan Metha Studio, sedangkan pewarnaan dilakukan rekan saya, Siswoyo (ilustrator koran Jawa Pos berinisial Chis). Namun karena kesibukannya, Siswoyo mundur, sementara saya terus bekerja sesuai tugas saya.

Pertengahan Oktober proses penciling dan inking (ternasuk lettering) selesai sebanyak 290 halaman. Lama? Ya. Kendala utama yang saya hadapi adalah karena saya bekerja tanpa script. Saya hanya mengacu pada buku komik Godam Reborn yang berisi 106 halaman yang saya improvisasi hingga menjadi 290 halaman. Selain itu adanya tuntutan untuk membuat latar belakang komik senyata mungkin dengan setting cerita, yaitu Jogja.

Cuplikan dari komik Godam Reborn logi I versi buku (2006)

Akan halnya pewarnaan, menyadari akan sulitnya mencari tenaga pewarnaan komik yang mampu bekerja konsisten serta waktu pengerjaan yang sudah sangat molor dari perkiraan semula, akhirnya Metha Studio memutuskan untuk tidak memberi warna pada komik strip tersebut, tapi dengan efek halftone saja dan saya diminta untuk mengerjakannya.

Saat ini proses halftoning sudah mencapai 90% dan saya harapkan selesai akhir bulan ini sebagaimana dijadwalkan Metha Studio, karena order baru untuk membuat komik strip berikutnya sudah menunggu.

Berikut ini beberapa halaman komik strip Godam Reborn :

 
 
 
 

Saya berharap Metha Studio mencurahkan seluruh kemampuannya untuk bernegosiasi dengan  media cetak agar komik strip ini bisa diterbitkan, karena dari sinilah periuk nasi saya tetap ngebul. (mp2)


Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments