Membuat Model Pesawat Stealth F-117 Nighthawk


Niat awalnya adalah untuk menyenangkan anak mengisi waktu libur sekolah kali ini, karena anak saya sangat suka dengan pesawat terbang. Tapi tak ada salahnya kalau kemudian ketrampilan ini saya bagi untuk Anda, ‘kan?

Pola membuat model pesawat siluman (stealth) F-117 Nighthawk ini saya dapatkan dari papertoys.com yang mempunyai koleksi pola model cukup variatif, mulai dari motor, mobil, gedung, bangunan bersejarah, sampai dinosaurus dan Bruce Lee. Sebagian ada yang versi berwarna. Oleh karena sasarannya adalah anak-anak, maka cara perakitannya dibuat sederhana, termasuk Stealth ini.

Pertama kali membuat model Stealth saya gunakan kertas A4 80 gr sebagai percobaan, sekedar penjajagan sampai seberapa tingkat kesulitannya. Ternyata memang tidak sulit. Hanya pada pemasangan turbin yang perlu kesabaran dan ketekunan. Pada tahap percobaan ini hasilnya masih “pating pecothot” alias tidak memuaskan. Baru pada pembuatan kedua sudah lumayan. Tapi anak saya tidak puas, karena warnanya putih. Dia ingin model itu dicat warna hitam seperti aslinya. Bahkan bagian bawah pesawat maunya dibuat seperti ini :


Halah! Nambah-nambahi kerjaan, tapi tak apalah. Namanya juga sayang anak. Tapi untuk mewarnainya dengan cat tidak mungkin karena kertasnya tipis. Bukannya jadi bagus, salah-salah bisa hancur. Akhirnya saya akali dengan mewarnai lebih dahulu pola dari papertoys sesuai keinginan anak saya. Tidak hitam sekali memang, karena garis-garis bantunya akan tidak terlihat, sedangkan jika garis bantu dibuat putih akan terlihat mengganggu saat pesawat sudah jadi. Jadilah saya beri warna hitam 60% saja. Untuk bagian bawah pesawat saya buat seperti yang diinginkan anak saya. Saat proses print saya gunakan kertas glossy 210 gr. Hasilnya seperti berikut ini dan anak saya puas.


Bagi Anda yang ingin mencoba, silakan dicopy dan diprint pola polos di bawah ini sebagai bahan percobaan. Pola ini saya buat ulang dengan versi Bahasa Indonesia, mengacu dari pola yang dibuat papertoys.

Pola dari papertoys.com
Pola versi MP2
Pad pola yang saya buat ulang ini saya modifikasi bagian pembuatan roda, di mana Anda tidak perlu menggunting satu persatu, tetapi cukup menggunting satu bagian, lipat, lalu gunting bagian kertas yang tak terpakai. Praktis 'kan?

Jika Anda ingin langsung mencoba versi berwarna, silakan pakai pola ini. Untuk bagian sayap belakang saya buat 2 sisi (tambahan bagian dalam sayap) agar tidak terlihat putih. Demikian juga dengan bagian depan, saya buat moncong tambahan (atas saran anak saya yang ingin pesawatnya terlihat sempurna). Ukurannya pun saya buat lebih besar sedikit dari pola aslinya.


Saya sarankan untuk mencetaknya gunakan kertas glossy yang agak tebal agar kertasnya tidak melengkung sebagai akibat dari banyaknya tinta yang digunakan.

Oh ya, pada versi berwarna ini, roda pesawat sebaiknya tidak ditempelkan di sisi luar bagian bawah pesawat, tetapi dari sisi dalam (bagian yang tidak berwarna) dengan cara seperti ini :

Cara memasang roda pesawat.
Hasilnya akan seperti ini :

Roda yang telah dipasang (tampak bawah)
Roda yang telah dipasang (tampak atas)
Sebelum menempelkan bagian bawah dengan bagian atas pesawat, pasang dulu ketiga roda pesawat, ya.

Selamat mencoba, dan terima kasih papertoys! (mp2)





Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments