Dari mana Asal Kata Gowes?



Sekitar tiga bulan lalu seorang teman saya (bekas teman satu kos waktu di Jogja dulu) datang berkunjung ke rumah saya.

Sebagaimana layaknya teman lama tak bertemu, kami pun ngobrol ngalor ngidul, kulon wetan, mulai dari keluarga, pekerjaan sampai hobi.

Dalam pembicaraan soal hobi, teman saya menyebut kata gowes. Spontan saya tanya, apa itu gowes? Bersepeda, katanya. Dan itu adalah kali pertama saya mendengar istilah gowes.

Belakangan, makin sering saja saya dengar istilah itu yang nampaknya sudah demikian populer di kalangan masyarakat, seiring dengan meningkatnya  minat masyarakat terhadap kegiatan bersepeda ria itu.

Iseng-iseng saya googling untuk mencari tahu, dari mana asal kata gowes dan apa arti sebenarnya. Ternyata, baik di Wikipedia maupun Kamus Bahasa Indonesia Online tidak mengenal kata itu. Namun dari berbagai situs/ blog saya dapatkan beberapa pendapat tentang istilah Gowes seperti ini :
  • Bahasa gaul yang dipopulerkan oleh Indra Bekti dan Indie Barens. (ternyata bukan. Gowes adalah plesetan dari yowes yang sering diucapkan Indra Bekti dalam program acara Ceriwis di Trans TV).
  • Gowes itu artinya genjot ora genjot wis teles, bahasa Indonesianya dikayuh atau tidak dikayuh badannya basah.
  • Artinya pergi ke barat, bang
  • Kutipan lirik lagu yang biasa dinyanyikan pesepeda :(Go West) Life is peaceful there, (Go West) In the open air, (Go West) Where the skies are blue, (Go West) This is what we're gonna do
  • Dari bahasa Jawa yang artinya : "goblok gak uwes-uwes" (goblok nggak selesai-selesai, goblok terus-terusan.
  • Ada juga yang bilang gowes itu artinya mengayuh, alias mengayuh sepeda.
  • Dari bahasa Jawa yang artinya “mengayuh”.

Yah, mudah-mudahan suatu saat nanti ada yang bisa menjawab rasa penasaran saya (dan mungkin Anda) tentang arti Gowes ini. Yang jelas, apapun artinya, semoga kegiatan bersepeda yang kian marak akhir-akhir ini bukan hanya sekedar trend, tapi menjadi sebuah budaya yang akan berdampak positif pada lingkungan kita. (mp2)

Related Posts
Previous
« Prev Post

3 comments

Anonymous
August 6, 2011 at 12:22 PM

Saya juga lagi penasaran sama arti GOWES.
Kebetulan ada teman sekantor suku Jawa (udah hampir paruh baya) dan dia spontan bilang gowes itu mengayuh sepeda. Dulu ada lagu 'Kring-Kring Gowes Gowes' Begitu kata beliau. Jadi arti kata gowes sepertinya memang mengayuh sepeda. Bukan singkatan atau bukan dari bahasa gaul yg baru nongol. Kata gowes sepertinya sudah ada berpuluh tahun yg lalu. Hanya saja kita yg muda-muda sudah jarang mendengarnya. AYO LESTARIKAN GOWES. GO GREEN. Salam.

Reply
avatar
November 12, 2011 at 7:10 AM

Berarti point 6 ya? Thanks komennya.

Reply
avatar
Anonymous
February 26, 2014 at 7:21 AM

kata itu sudah ada sejak dulu saya kecil tahun 70'an di jakarta.
saya kalau mau ngajak sepedahan bilangnya "ayo gowes". jadi itu muncul hasil interaksi masyarakat di jakarta

Reply
avatar

Comments