Tips Dari Tukang Pangkas Rambut

Tukang pangkas rambut ini adalah jujugan saya setiap kali hendak memangkas rambut. Namanya Cak Doewan, berasal dari Madura. Kiosnya berada tidak jauh dari rumah saya, di salah satu pojok pertigaan jalan. Saya jadi pelanggannya sejak 7 tahun terakhir, karena tukang pangkas rambut saya yang lama meninggal dunia karena usia tua.

Tapi tips ini bukan tentang cara memangkas rambut yang baik dan benar, meskipun ia sudah berpengalaman menggeluti profesinya selama 30 tahun. Tips ini muncul saat saya memangkas rambut sambil ngobrol ngalor ngidul dengan Cak Doewan, hingga akhirnya sampai pada bagaimana cara mengobati borok akibat luka.

Menurutnya, cara tradisional yang secara turun temurun diterapkan olehnya adalah dengan menggunakan garam dan buah asam. Caranya, larutkan dua sendok garam dan dua buah asam jawa dalam air hangat, kira-kira 1 liter. Usapkan pelan-pelan di borok Anda. Lakukan hal ini dua kali sehari, niscaya dalam waktu singkat borok Anda akan mengering dan luka Anda sembuh. Bahkan, masih menurut Cak Doewan, luka yang tak kunjung sembuh karena dampak dari diabetes pun akan pulih dengan cara ini.

Untuk meyakinkan kalau tipsnya ini ampuh, Cak Doewan bahkan berani memberikan jaminan dengan mengatakan (dalam bahasa Jawa berlogat Madura)" Kalau tidak sembuh, ludahi saja mulut saya!" Halah! Segitunya, Cak.

Memang berbagai penelitian tentang buah asam jawa (Tamarindus indica L) menunjukkan, bahwa buah yang sangat kecut rasanya ini mempunyai sejumlah khasiat, antara lain menyembuhkan batuk, bisul, borok pada luka, gangguan pencernaan, sariawan, karang gigi, rematik dan bengkak karena terpukul, radang payudara, kerontokan rambut, dan menurunkan berat badan.

Oh ya, selain tips di atas, Cak Doewan juga memberikan tips yang menurut saya masih berbau-bau mitos. Jika salah satu jari Anda terluka/ tergores pisau atau benda tajam lainnya, misalnya jari telunjuk kiri, ikat jari telunjuk kanan Anda dengan karet gelang agak kencang, maka luka di jari telunjuk kiri Anda akan segera menutup. Benarkah? Silakan dicoba jika suatu saat Anda mengalaminya (jink)


Related Posts
Previous
« Prev Post

2 comments

November 25, 2013 at 8:30 AM

selamat pagi !!
semoga pagi ini mernjadi awal yang indah untuk para pemmbaca dan penulis artikel ini. Saya tidak akan berkomantar panjang lebar dengan artikel ini, anda pikir saja apa yang mau dikomentari dengan artikel ini? toh artikel ini sangat bagus dan tidak ada yang perlu di komentari. Penulis artikel ini patutu di acungin jempol,. kira-kira bisa gak ya saya buat artikel sebagus ini??
hmm.. terimakasih aja deh gan buat informasi ini, semoga bermanfaat untuk semuanya dan jangan lupa posting terus artikel yang bagus untuk di baca.
Sukses selalu gan

Reply
avatar
November 27, 2013 at 8:41 AM

Subhanallah artikelnya bagus banget, kapan ya gan ane bisa posting artikel sebagus ini. isinya sih sederhana tapi manfaatnya luar biasa. bisa menambah wawasan semua pembaca. O ya gan bisa ga saya belajar untuk posting sebagus ini sama agan??
Tolong di jawab ya, soalnya saya blogger pemula
Thanks. Selamat beraktifitas

Reply
avatar

Comments