Keberhasilan Kencan Anda Tergantung Bagaimana Anda Menggunakan Kata Ganti

Tak dapat dipungkiri bahwa kemampuan Anda mendapat kekasih pujaan hati (glek glek glek …) membutuhkan tutur kata yang halus tak dapat dibuktikan secara ilmiah. Kini, riset menemukan bahwa rahasia sukses kencan tergantung cara Anda menggunakan kata ganti (pronouns). 

James Pennbeaker, psikolog dari University of Texas Austin, sudah lama tertarik pada bagaimana bahasa membantu membentuk interaksi kita. Faktanya, ia membantu NPR mengetahui bagaimana cara kita berbahasa berpengaruh pada kencan kita. Pennbeaker merekam dan menganalisa percakapan yang muncul saat kencan kilat, dan menemukan bahwa cara pasangan kekasih menggunakan tutur kata adalah peramal yang baik untuk kelangsungan hubungan mereka. 

Secara khusus ia menemukan bahwa ketika menggunakan kata fungsi, seperti kata ganti, preposisi (kata depan) dan artikel, yang cocok di antara dua orang, mereka cenderung menuju ke tahap berpacaran.. Kepada NPR Pennbeaker menjelaskan: 

“Semakin serupa mereka menggunakan kata-kata fungsi tersebut, makin tinggi kemungkinannya mereka akan segera berkencan. Kata-kata yang lebih keren: Kita bisa melihat … kencan sepasang muda-mudi … (dan) makin serupa (mereka) … menggunakan gaya bahasa yang cocok, makin cenderung (mereka) mereka tetap berpacaran hingga tiga bulan ke depan.” 

Hal ini, tampaknya juga bukan soal menarik minat orang yang diincar. Sebaliknya, saat seseorang menemukan orang yang menarik hatinya, serta merta akan mengubah gaya bahasa mereka. Pasangan yang kuat mungkin lebih banyak menggunakan kata “Aku”, sementara pasangan yang biasa-biasa saja lebih sering mengatakan “kamu”. 

Terlepas dari kata yang mereka gunakan – meskipun Anda melihat bahwa kata ganti kemungkinan punya dampak yang lebih besar – kesamaan dalam gaya pengucapan kita tampaknya bisa meramalkan seberapa baik hubungan kita akan berjalan. 

Sayangnya, jika Anda mengira akan mampu mengubah cara Anda berbicara untuk kencan berikutnya, Anda terlambat. Riset Pennbeaker melihat bahwa perubahan akan sangat kentara, sehingga Anda tidak dapat menyesuaikan gaya bahasa Anda dalam sebuah kencan tanpa terlebih dahulu mengubah watak Anda. Maaf. 

Sumber : Gizmodo

Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments