4 Gelagat Buruk yang Menjurus Perceraian

Saat ribut dengan pasangan, apakah Anda melakukannya dengan cantik atau justru memperburuk hubungan Anda? Peneliti perkawinan dan relationship terkemuka, Dr. John Gottman, mengungkapkan ada 4 pola negatif yang sering terjadi saat pasangan bertengkar.

Gottman mengatakan kepada Anderson, bahwa 4 elemen tersebut meramalkan perceraian, dan menyebutnya sebagai "the four horsemen of the apocalypse".

Empat elemen tersebut adalah :

1. Kecaman: Gottman mengatakan, kecaman adalah “cara yang sangat ampuh dalam pertengkaran, di mana Anda menyatakan keluhan untuk menyerang pasangan Anda”. Menurut Gottman, “Kecaman tidak akan membuat keadaan lebih baik, seperti menyiramkan bensin ke api. Pertengkaran akan makin memanas”.

2. Hinaan: “Hinaan adalah peramal terbaik untuk perceraian, karena hal itu menunjukkan sikap sok hebat. Anda harus hargai hubungan dengan pasangan Anda”.

3. Pembelaan diri: Menurut Gottman, orang harus bertanggung jawab atas masalah yang terjadi. Dr. Gottman menunjukkan bahwa pembelaan diri muncul sebagai wujud solusi.

4. Diam, yang juga dikenal sebagai silent treatment. Kata Gottman, “Orang yang diam berupaya untuk menenangkan keadaan dan tidak membuat situasi memburuk, tapi saat menghadapi orang yang diam seperti itu, kemarahan Anda akan memuncak. Jadi, diam termasuk gelagat yang mengganggu”.

Apa sih yang sering dipertengkarkan pasangan? Dr. Gottman mengatakan, bahwa pasangan kerap mempersoalkan hal-hal yang tak jelas!

Menurut Gottman, ada 3 hal yang tak boleh diucapkan saat bertengkar dengan pasangan:

1) “Kamu tidak pernah …”

2) “Kamu selalu saja …”

3) Hal-hal yang menjurus penghinaan atau berlagak sok pintar.

Sumber : Anderson Cooper

Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments