Mengenang Film TV Tempo Dulu: Monsters From Outer Space

Tahun 70-an, di Indonesia hanya ada satu stasiun TV, yaitu TVRI milik Pemerintah. Karena hanya satu-satunya, mau tak mau kami pun rajin menontonnya. Untungnya, TVRI cukup berbaik hati memberikan hiburan dengan menyiarkan film-film TV impor sebagai salah satu alternatif acaranya. Jadi tidak melulu program-program yang menayangkan keberhasilan Pemerintah waktu itu.

Film TV salah satu favorit saya adalah Monsters From Outer Space, sebuah film fiksi tentang robot superbesar baik hati yang bertugas melindungi bumi dari serbuan monster raksasa.

Awalnya saya mencoba browsing di internet dengan judul film tersebut sebagai kata kunci, namun yang saya dapatkan tidak sesuai. Ternyata eh ternyata, judulnya adalah Space Giants, tapi nama-nama karakternya tetap, seperti Goldar si robot raksasa, Rodak (dulu saya dengarnya Rodek) si penjahat, Miko si bocah sahabat Goldar, dan lain-lain.

Saya ingat betul, Goldar membuat saya terkagum-kagum dengan kehebatannya yang bisa mengeluarkan sinar laser (belakangan saya baru tahu kalau itu sinar gamma) dari antenanya, dan roket dari dadanya. Saya berumur sekitar 6-7 tahun waktu itu dan Goldar terlihat keren abis.

Jika Miko butuh bantuan Goldar, maka ia meniup peluitnya dan Goldar pun meluncur dari kawah gunung yang bernama Olympia.

Menurut TV Acres, serial TV itu tayang di Jepang antara tanggal 4 Juli 1966 hingga 25 September 1967 dengan judul Ambassador Magma (Maguma Taishi). Pada tahun 1972 film tersebut diedarkan ke seluruh dunia dengan judul Space Giants. Lalu kenapa di TVRI jadi Monsters From Outer Space ya?

Ah, apalah arti sebuah judul. Yang penting saya sudah menemukan salah satu jagoan fiksi yang pernah jadi favorit saya. Berikut ini foto-fotonya :


Videonya juga ada di You Tube lho. Ini salah satunya :



Foto dari berbagai sumber. (mp2)


Related Posts
Previous
« Prev Post

10 comments

Anonymous
December 30, 2013 at 1:46 PM

terima kasih telah mengingatkan saya, ketika masih kecil, saya suka sekali menggambar pesawatnya....

Reply
avatar
Anonymous
November 7, 2015 at 12:35 AM

Wow, akhirnya ketemu juga film yg menemani masa kecil gw hahaha, thanks sdh sharing :)

Reply
avatar
March 30, 2017 at 9:58 AM

Berapa tahun inget2 nih film nyari ga dapet2 ternyata ada disini...thanks

Reply
avatar
June 28, 2017 at 6:04 PM

Iya baru saya ingat masa kecil suka nonton film ini... dan msh ngintip fi tetangga komplek wismarini otista thn 70an kala msh SD

Reply
avatar
May 9, 2018 at 12:27 PM

wah ternyata sama ya favorit masa kecilnya saya juga lagi berumur kira2 7 tahunan ketika film ini tayang. saya taunya Golda, cari2 di inet ga nemu ternyata Goldar ya. thanks sudah sharing kenangan masa kecil

Reply
avatar
October 26, 2018 at 7:01 AM

Semua anak seuisia saya waktu itu sangat mengidolakan goldar, silvar, kent, miko dan sangat benci sm rodax ha ha....

Reply
avatar
August 7, 2019 at 9:32 AM

Terima kasih banyak, jadi teringat kembali masa kecil

Reply
avatar
Anonymous
September 23, 2020 at 5:39 AM

Punya TV tapi bekas, hitam putih...tapi kok lebih enak ditonton drpd sekarang...tv banyak tipuan

Reply
avatar
January 22, 2021 at 7:25 AM

Wow nyari udh lama ga ketemu, akhirnya bs bernostalgia 50thn silam, trmksh banyak

Reply
avatar
Anonymous
November 9, 2022 at 6:17 PM

I liked to draw Goldar even in my note books.

Reply
avatar

Comments