Lagu Campursari: Kreteg Gunengan

Dhalang Poer.
Lagu campursari berjudul Kreteg Gunengan ini dinyanyikan oleh Dhalang Poer, berkisah tentang seorang pria desa yang berpisah dengan sang kekasih bernama Rani karena harus bekerja di kota. Sambil menangis dalam pelukannya, Rani berjanji akan tetap setia kepadanya. Mereka berpisah di kreteg (jembatan) Gunengan yang dibesut jadi judul lagu ini. Entah di mana Gunengan itu.

Sayangnya, belum 1 tahun bekerja ia bertemu teman satu desanya. Temannya mengabarkan, bahwa Rani yang dicintainya telah tergoda pria lain. Dengan hati pilu ia kembali ke desanya dan mendapati kenyataan pahit: sebuah persiapan acara pernikahan untuk sang kekasih esok paginya.

Tak ada lain yang bisa dilakukannya selain meratapi rasa sakit hatinya akibat pengkhianatan dan ingkar janjinya Rani, seperti dilantunkan dalam bait-bait terakhir lagu ini: "Oh Rani, jebul kowe ngapusi, oh atiku lara ginawa mati, ... oh Rani, jebul kowe mblenjani, oh atiku lara ginawa mati ...(Oh Rani, ternyata kau berdusta, oh sakit hatiku terbawa mati, ... oh Rani, ternyata kau ingkar janji, oh sakit hatiku terbawa mati ...).

Ini adalah lagu campursari favorit MP2, dan ... dikhianati memang menyakitkan. (mp2)






Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments