Kreasi Unik 8 : Bangunan

Rumah Kubus, Rotterdam, Belanda


Piet Blom punya ide rumah kubus ini tahun 1970-an. Beberapa di antara bangunan tersebut dibuat di Helmond dan ketika kota Rotterdam memintanya untuk membangun perumahan di atas jembatan penyeberangan, ia memilih konsep ini.

Gedung Menari, Praha, Republik Ceko


'Gedung Menari' adalah julukan yang diberikan kepada Nationale Nederlanden, sebuah bangunan yang terletak di pusat kota Praha. Dirancang oleh arsitek Ceko Kroasia-Vlado Milunić bekerjasama dengan warga Kanada Frank Gehry dan selesai dibangun pada tahun 1996. Bangunan ini bukan merupakan salah satu dari bangunan yang hancur saat peristiwa pengeboman Praha tahun 1945.

The UFO House, Sanjhih, Taiwan


Rumah UFO di Sanjhih, Taiwan ini sebenarnya merupakan proyek resor yang terbengkalai. Orang Taiwan menyebutkan Rumah UFO karena desainnya yang aneh dan futuristis.

Gedung Buku Kota Kansas, Missouri, Amerika Serikat


Sebagai penghargaan atas antusiasme kunjungan warga ke perpustakaan di pusat kota Kansas, bangunan ini dibuat dalam bentuk buku yang menurut orang-orang dari kota Kansas merupakan representasi dari kota mereka. Tapi sebenarnya bangunan ini bukanlah perpustakaan, melainkan sebuah garasi/ tempat parkir.

Istana Ferdinand Cheval alias Istana Ideal (Ideal Palace), Perancis


Istana Ferdinand Cheval dibangun oleh seorang tukang pos di Hauterives, Prancis, yang bermaksud menggunakannya sebagai kuburannya sendiri, tetapi belum memperoleh ijin untuk itu. “Istana masa depannya” itu kini dikenal di seluruh dunia.

Gedung Spiral Hutan Hundertwasser, Darmstadt, Germany


Gedung Spiral Hutan Hundertwasser dibangun pada tahun 2000. Dirancang oleh arsitek dan pelukis Austria, Friedensreich Hundertwasser, bangunan ini memiliki 105 apartemen dan fitur warna-warni dan desain organik.

Museum Guggenheim, Bilbao, Spanyol


Dibangun oleh Museum seni modern dan kontemporer Nervion River Guggenheim berdasarkan hasil rancangan oleh arsitek Amerika-Kanada Frank Gehry. Siluet bangunan menyerupai kapal sementara desainnya yang acak-acakan itu menurut perancangnya, dimaksudkan untuk menangkap cahaya.

Rumah Ibadah Bahá’í alias Kuil Lotus, Delhi, India


Rumah ibadah Baha'i yang lebih dikenal sebagai Lotus Temple dibangun pada tahun 1986 dan merupakan Kuil Induk di India. Kuil ini terbuka untuk umum.

Gedung Ripley, Niagara Falls, Ontario, Canada


Karena dimiliki oleh perusahaan waralaba Ripley Believe It or Not! yangdikenal atas koleksi hal-hal dan artefak aneh dan menakjubkan, maka gedungnyapun harus seperti ini.

Gedung Bengkok, Sopot, Polandia


Dimulai dan selesai pada tahun 2003 Gedung Bengkok di mana desainnya didasarkan pada rancangan seniman dan ilustrator buku anak Polandia, Jan Marcin Szancer, dan seniman lukis Swedia, Per Dahlberg.


Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments