Jembatan Jiaozhou Bay, Jembatan Terpanjang di Dunia (?)


Bangsa China kembali menunjukkan keunggulannya. Kali ini di bidang konstruksi, di mana sebuah jembatan yang oleh Guinness World Records dinyatakan sebagai jembatan di atas laut terpanjang di dunia berhasil dibangun dan telah diresmikan penggunaannya kemarin (30/06/2011).

Jembatan sepanjang 42,5 km (26,4 mil) yang berada di propinsi Shandong, China Utara itu melintang di atas teluk Jiaozhou dan menghubungkan kota Qingdao dan distrik Huangdao dengan pulau Hongdao.

Jembatan Jiaozhou Bay.

Menurut Han Shouxin, deputi direktur Komite Traffic Management Qingdao City, jembatan tersebut bakal mempersingkat waktu tempuh dari sebelumnya 40 menit menjadi hanya 20 menit saja. Juga memperpendek jarak sampai 30 kilometer.

Untuk membangun jembatan tersebut diperlukan 450 ribu ton baja, 2,3 juta kubik semen, 5.000 pilar, dana 1,5 milyar dolar dan tak kurang dari 10 ribu pekerja hingga tuntas dalam tempo 4 tahun.

Desainnya dibuat oleh Shandong Gaosu Group yang mengklaim, bahwa hasil karya selebar 35 meter yang mempunyai 6 jalur bebas hambatan itu mampu bertahan terhadap gempa bumi, angin topan dan benturan kapal yang melintas di bawahnya. Diperkirakan jembatan ini bakal dilintasi sebanyak 30 ribu kendaraan setiap harinya

Akan halnya predikat jembatan di atas air terpanjang, muncul kontroversi, di mana pemegang rekor saat ini, Lake Ponchartrain Causeway di utara Louisiana, keberatan atas pernyataan Guinness dan bersikeras bahwa Lake Ponchartrain Causeway-lah yang terpanjang. Hal ini dilihat dari kondisi fisik jembatan yang benar-benar di atas air, di mana Jembatan Jiaozhou Bay hanya sepanjang 25,5 km, sedangkan Lake Ponchartrain Causeway sepanjang 38 km.

Sisi utara Lake Ponchartrain Causeway.

Permasalahan status ini sebenarnya terletak pada ketidakjelasan Guinness dalam menerapkan standar yang digunakan dalam mengartikan jembatan di atas air.

Terlepas dari kontroversi tersebut, pada saat yang sama diresmikan pula Terowongan Qing-Huang yang juga melintasi teluk Jiaozhou dengan panjang lebih dari 7 km dan merupakan terowongan bawah laut terpanjang di China. (mp2)

Referensi :
- Republika Online
- Wikipedia

Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments