Ternyata Begini Cara Atasi Vario Brebet Tanpa Ganti Busi

Dalam hal sepeda motor, sejak dulu saya adalah penyuka produk Honda. Menurut pendapat pribadi saya, Honda, dalam mendesain produknya selalu tampak elegan.

Begitu pun saat Honda meluncurkan Vario 125, saya langsung kepincut, tapi baru terwujud untuk memilikinya tahun 2013. Yang saya pilih adalah type Techno warna hitam. Sayangnya, belum sampai hitungan 3 bulan saya mengendarainya, mulai timbul rasa kecewa. Setiap kali baru dihidupkan dan dijalankan, mesinnya selalu brebet. Makin digas, tenaganya makin krodit alias drop. Jelas ini bikin kesal. Memang setelah di-tune up brebetnya hilang, tapi hanya sebentar, lalu kumat lagi.

Tadinya saya pikir, saya lagi apes dapat produk cacat. Tapi setelah browsang-browsing di Google, ternyata brebet adalah penyakit khasnya Vario.

Di awal saya pakai Pertamax sesuai dengan anjuran pihak dealer. Tapi begitu mulai timbul gejala brebet, saya mulai coba-coba pakai Premium, karena toh pakai Pertamax atau Premium penyakitnya sama saja. Sejak muncul Pertalite, saya beralih pakai Pertalite, dan masih brebet. Hebat bukan?

Biasanya, untuk mengeliminir brebet saya atasi dengan menghidupkan mesin Vario selama 5 menit secara stasioner. Dengan cara begitu brebetnya dijamin hilang. Tapi kalau stasionernya di sembarang tempat malah motornya yang hilang. Dampaknya jelas, buang-buang bensin.

Saking kesalnya, saya sampai berniat menjual Vario hitam saya. Tentunya menunggu sampai cicilannya lunas dulu, hehehe…

Ternyata oh ternyata, nasib menentukan lain. Begitu angsuran terbayar lunas yang dibuktikan dengan diserahkannya BPKB sepeda motor kepada saya, secara tak sengaja saya menemukan solusinya. Ceritanya, saya lagi terburu-buru dan tak ada waktu untuk memanaskan motor selama 5 menit. Hasilnya? Motor jadi brebet, itu sudah pasti. Nah, karena kesal, saya sentak-sentakkan tuas gas motor (seperti hendak mem-blayer, tapi hanya sedikit tarikan di tuas gas lalu di lepas) beberapa kali. Tentunya saat kondisi jalan di depan sedang sepi. Di sini saya merasakan perbedaannya. Brebet langsung hilang dan saya bisa meluncur dengan nyaman.

Keesokan harinya, dan sampai sekarang, saya lakukan hal itu tiap kali mesin mulai menunjukkan tanda-tanda brebet, dan hasilnya sungguh tokcer. Justru, saya merasakan intensitas gejala brebet makin berkurang. Kadang memang masih muncul, tapi tidak semenjengkelkan di awal-awal dulu.

Niat untuk menjual Vario pun saya batalkan. (mp2)

Catatan:
Foto di atas bukan motor saya, tapi hasil nyomot dari Google. Maklum, motor saya nggak suka selfie.




Related Posts
Previous
« Prev Post

7 comments

April 3, 2017 at 12:44 PM

Penyakit kronis pada vartech 125 memang sdh sangat menjengkelkan karena selalu timbul tenggelam alis "mbrebet". Berbagai cara sdh sya lakukan spt ganti busi, ganti bahan bakar dr pramium jd pertamax/shel power tp penyakitnya tak kunjung hilang.Akhirnya cara "ekstrim" saya tempuh persis spt yg penulis lakukan krn sdh mentok.

Reply
avatar
Anonymous
June 26, 2017 at 11:02 AM

Udah 5 thn belum nemuin cara menghilangkan brebet vario 125 cbs saya. Ngeri juga kalau yg makai atau yg di bonceng gk ngerti penyakit vario ini. Kasian dengan anak istri saya sering hampir celaka, vario ini dari brebet2 tiba2 loncat. D2112IT.. bdg.

Reply
avatar
October 29, 2018 at 11:20 PM

Ternyata belum ada tutorial tentang solusi motor vario 125 dg masalah tersebut paling ada solusi nya ganti busi bagus sih tok cer tpi ke esokan hari nya penyakit nya kambuh lagi apa perlu diolesin salep 88 kali yah biar gk kambuh lgi tuh penyakit

Reply
avatar
November 10, 2018 at 9:28 AM

Saya alami hal yg menjengkelkan dari vario saya..
Slalu Brebes dan tidkt ad tenaga ketika naik bukit tinggi maupun pendek

Reply
avatar
January 25, 2019 at 2:02 PM

iya yg temen lakukan sdh ak lakukan wal hasil sama mbrebet,,apanya yah

Reply
avatar

Comments