Inilah Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari


Ada orang yang terbiasa minum secangkir kopi atau teh begitu bangun pagi. Ada juga yang suka meneguk segelas air dingin sebelum mulai beraktifitas. Itu hanya masalah kebiasaan dan kesukaan masing-masing. Tapi satu hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu minum air hangat saat perut dalam keadaan kosong, karena manfaatnya luar biasa.

Stella Metsovas, pakar kesehatan dan nutrisi klinis di Food and Nutrition Sciences mengatakan, “Dokter menyarankan minum air hangat di pagi hari, biasanya ditambah dengan celupan lemon yang kaya akan polyphenol, atau dengan teh menunjukkan peningkatan kegiatan radikal bebas di dalam tubuh.” Minum air hangat akan meningkatkan kekencangan usus, sehingga membantu pencernaan dan pengaturan gerakan usus.

Berikut ini 7 manfaat yang akan dapatkan jika Anda rutin minum air hangat di pagi hari.

1. Mencegah penuaan dini

Tak ada orang yang ingin cepat tua, bukan? Sayangnya, keberadaan beragam racun di dalam tubuh bisa menyebabkan penuaan lebih cepat dari seharusnya. Saat tubuh kita kemasukan racun, efeknya ada 2 yaitu sakit atau penuaan. Air hangat dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh. Selain itu, air hangat juga juga akan membantu memperbaiki sel-sel kulit, sekaligus meningkatkan kelenturan kulit kita.

2. Meredakan nyeri

Penyembuhan alami yang berpotensi meredakan nyeri saat menstruasi adalah air hangat. Air hangat akan membuat otot-otot perut menjadi relaks dan meredakan nyeri haid. Selain itu, air hangat bisa menjadi sarana pengobatan yang efektif untuk semua jenis kram dengan cara meningkatkan sirkulasi kapiler dan membantu otot-otot tubuh menjadi relaks.

3. Membantu menurunkan berat badan

Jika ingin berat badan Anda turun dengan cara mudah, biasakan minum air hangat, khususnya di pagi hari. Air hangat berfungsi meningkatkan suhu tubuh, dan dampaknya berupa meningkatnya tingkat metabolisme tubuh. Kenaikan kegiatan metabolis menyebabkan tubuh memiliki kemampuan untuk membakar kalori.

Minum air hangat yang diberi irisan lemon setiap pagi akan bermanfaat menurunkan kadar lemak di tubuh Anda.

4. Meningkatkan daya cerna

Minum segelas air hangat di pagi hari akan menstimulasi sistem pencernaan dalam tubuh, sehingga pencernaan akan bekerja dengan lebih baik dalam memilah makanan. Minum air dingin setelah makan akan dapat berdampak buruk. Air dingin bisa membekukan minyak dan lemak di dalam makanan yang kita makan. Hal ini akan mengakibatkan munculnya endapan lemak yang membuat kerja usus jadi berat. Jadi, sebaiknya minum air hangat saja sebagai teman makan.

5. Meningkatkan sirkulasi darah

Akumulasi endapan di dalam sistem saraf dan endapan lemak dalam tubuh akan tereliminir dengan minum air hangat. Racun-racun akan digelontor dari dalam tubuh dan akibatnya, sirkulasi darah akan lancar. Air hangat juga bisa menimbulkan efek relaksasi, membantu mengendurkan otot-otot, mengatasi buruknya sirkulasi dan melancarkan aliran darah.

6. Mengatasi sembelit

Mungkin Anda pernah merasakan betapa tidak nyamannya sembelit. Masalah perut yang umum terjadi ini muncul jika kerja usus terganggu. Biasanya penyebab sembelit adalah kurangnya asupan air dalam tubuh. Hal ini bisa diatasi dengan rutin minum air hangat saat perut dalam kosong di pagi hari. Kerja usus jadi lancar dan sembelitpun hilang.

7. Tidur jadi nyenyak

Minum sedikit demi sedikit air hangat saat makan, utamanya makan malam dan sebelum tidur akan membuat tubuh jadi relaks dan menenangkan saraf. Dampaknya, tidur jadi nyenyak. Dengan tidur nyenyak akan menghindarkan diri dari keinginan makan macam-macam saat tengah malam dan menjadikan tubuh terasa bugar di pagi hari.

Sumber: Lifehack

Related Posts
Previous
« Prev Post

1 comments

Comments