Fakta Unik di Balik Film Superman 1978


Dalam autobiografi Roger Moore (pemeran di beberapa film James Bond era 80’an) disebutkan, bahwa ia menyaksikan sendiri saat Christopher Reeve berjalan melewati cafetaria di Pinewood Studio dengan mengenakan kostum Superman komplit dengan jubah, cewek-cewek penggemar Superman yang kebetulan berada di sana langsung histeris, bahkan ada yang pingsan. Lucunya, waktu Christopher Reeve lewat lagi di situ dengan berpakaian ala Clark Kent tak seorangpun yang memperhatikannya.

Untuk mendapatkan tubuh berotot agar pede memainkan Superman, Christopher Reeve menjalani olah tubuh yang ketat di bawah pengawasan David Prowse. David adalah pemeran Darth Vader dalam trilogi Star Wars.

Marlon Brando, pemeran Jor-El, ayah kandung Superman, ogah menghafalkan naskah dialog yang harus diucapkannya. Untuk itu crew film Superman menulis kalimat dialog Marlon di popok bayi Kal-El dalam adegan Jor-El memasukkan Kal-El ke dalam escape pod sebelum planet Krypton hancur.

Christopher Reeve mengisi suara untuk dialog Jeff East yang berperan sebagai Clark Kent muda. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesenjangan perbedaan suara antara Clark Kent muda dan Clark Kent dewasa. East sendiri tak pernah diberitahu mengenai hal ini. Ia sangat kesal saat menyadarinya beberapa waktu kemudian.

Steven Spielberg pernah ditawari untuk menyutradarai film Superman, tapi produser menolak karena Spielberg menuntut honor yang terlalu tinggi. Mereka memutuskan untuk menunggu keluarnya film Jaws (1975) hasil besutan Spielberg yang ternyata mencapai box office. Jaws menangguk sukses besar dan Spielberg pun kemudian mengerjakan proyek lain.

Christopher Reeve harus bekerja ekstra keras selama pembuatan film, di mana hasil pengambilan gambar yang telah dilakukan sebelumnya tidak cocok dengan adegan berikutnya, sehingga harus dilakukan shooting ulang.

Direktur bagian casting (pencari pemeran film) Lynn Stalmaster adalah yang pertama kali menyodorkan nama Christopher Reeve untuk memerankan Superman, tapi Richard Donner (sutradara) dan Salkind bersaudara (produser) menilai kalau Christopher Reeve terlalu muda dan kurus. Tapi Reeve berhasil memukau mereka saat diadakan screen test. Begitu sutradara dan produser menyatakan oke, Reeve langsung menjalani pelatihan fisik yang ketat selama beberapa bulan dan berhasil menaikkan bobot tubuhnya dari 77kg menjadi 96kg selama proses pra-produksi.

Untuk film ini Marlon Brando menerima bayaran tertinggi di dunia sebagai bintang film saat itu dengan masa kerja selama 12 hari.

Untuk menciptakan efek Clark Kent muda menendang bola sampai ke orbit bumi, sebuah meriam udara ditanam di dalam tanah dan bola ditembakkan dari meriam tersebut.

Credit title di akhir film panjangnya lebih dari 7 menit dan menjadi rekor credit title terpanjang dalam film yang beredar pada 1978.

Persiapan pembuatan film Superman membutuhkan waktu 3 tahun untuk perencanaan, 2 tahun pengambilan gambar dari ketinggian, lebih dari 1000 orang crew di 11 bagian yang tersebar di 3 studio dan 8 negara. Lebih dari 1 juta meter film digunakan dan menjadi film termahal saat itu.

Di awal pemutarannya, film Superman menduduki puncak box office selama 13 minggu berturut-turut.

Dalam adegan di mana Superman dan Lois Lane terbang bersama-sama, kemudian Superman pergi setelah menurunkan Lois Lane di penthouse-nya, tidak ada cut antara saat Superman terbang meninggalkan Lois dengan kemunculan Clark Kent di depan pintu. Hal ini bisa terjadi dengan menggunakan rekaman adegan Superman terbang digabung dengan adegan Lois berdiri membelakangi kamera (di depannya adalah layar yang menampilkan film Superman terbang). Clark Kent yang ditemui Lois saat ia membukakan pintu adalah Christopher Reeve real-time.

Dalam kehidupan nyata, Christopher Reeve adalah pilot pilot pesawat terbang layang berlinsensi. Hal ini sangat membantu actingnya yang terlihat alami saat adegan terbang sebagai Superman.

Bayi Kal-El yang terbang di dalam kapsul penyelamat diperankan oleh Elizabeth Sweetman. Shooting adegan tersebut dilakukan di Pinewood Studio pada bulan Oktober 1978 saat Elizabeth berusia 6 bulan. Ia mendapat bayaran £40 per hari untuk shooting selama 4 hari. Total ia menerima bersih £120 setelah dipotong fee untuk agensi.

Christopher Reeve terpilih dari 200 aktor yang ikut audisi untuk peran Clark Kent / Superman.

Pencarian aktor pemeran Superman dimulai tahun 1975 dan berakhir pada 23 Februari 1977, hanya 35 hari sebelum produksi dimulai.

Richard Donner ditawari jadi sutradara saat ia sedang nongkrong di toilet.

Aaron Smolinski yang berperan sebagai Kal-El kecil muncul lagi di film Superman III (1983) sebagai bocah laki-laki yang sedang menunggu di luar photo booth di mana Clark Kent berada di dalamnya sedang berubah menjadi Superman. Aaron juga berperan sebagai petugas komunikasi di film Man of Steel (2013).

Sumber: IMDB


Related Posts
Previous
« Prev Post

1 comments

Comments