Mengapa Mesin Mobil Sulit Dihidupkan Saat Berada di Atas Rel KA?

Selama ini sering terjadi kendaraan bermotor tiba-tiba mati mesinnya saat melintas di atas rel kereta api. Itu terjadi terutama ketika ada kereta yang mau lewat. Biasanya pengendaranya kesulitan menghidupkan kembali mesin kendaraannya itu. Akibatnya, kendaraan bermotor itu ditabrak kereta api dalam hitungan sekian puluh detik berikutnya.

Mengapa jika mesin kendaraan bermotor tiba-tiba mati dilintasan rel kereta api sulit dihidupkan lagi ? Ternyata itu disebabkan adanya pengaruh gesekan antara roda kereta dengan relnya, yang menyebabkan timbulnya impedansi. "Jadi, bukan semata-mata karena sopirnya gugup sehingga tidak bisa menghidupkan mesin kendaraannya," kata Dr. Ir. Djoko Sungkono, kepala Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember(ITS) Surabaya.

Kata Djoko selanjutnya, ”dan, impedansi itu yang mengakibatkan mesin mobil yang mati sulit menyala kembali”. Kejadian itu terutama berpengaruh pada mobil atau kendaraan yang berbahan bakar bensin, meskipun kendaraan berbahan bakar solar juga ada yang terpengaruh.

"Pada kendaraan yang berbahan bakar bensin, starternya digerakkan oleh dinamo", paparnya. Dari dinamo ini dihasilkan medan magnet yang selanjutnya menggerakkan mesin mobil. Djoko mengatakan, hal tersebut tidak jadi masalah bila mesin mobil tersebut tidak mati. Namun bila mesin tersebut mati maka akan sulit untuk dihidupkan lagi. Adanya medan impedansi tersebut tidak memerlukan jarak yang dekat untuk itu. Hal tersebut sudah mulai dapat berpengaruh ketika kereta api masih berjarak 1,5 km lokasi lintasan dimana kendaraan bermotor itu melintas rel.

Djoko lalu mengingatkan,jika mesin mobil tiba-tiba mati di atas rel, maka hendaknya penumpangnya segera keluar dan mendorongnya. Jika tidak, akan sangat membahayakan jika kereta segera lewat. Dan jangan berusaha menghidupkan mesin! Yang anda lakukan adalah, keluar dan mendorongnya ke tempat aman! Kalaupun anda tidak sempat mendorong, setidaknya anda sudah berada di luar kendaraan dan bisa sewaktu-waktu lari menghindar.

Jadi, langkah terbaik yang harus dilakukan bila kendaraan anda mogok di atas lintasan rel kereta api adalah :
dorong kendaraan anda (kalau mobil, segera keluar dari kendaraan) dari rel kereta baru setelah itu coba hidupkan kembali mesin kendaraan anda atau mobil anda. 

Oleh : Sujitno

Tips lain : Bunyikan klakson!

Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments