Inilah Penjelasan Kenapa Diet Coke dan Mentos Bereaksi

Sudah banyak yang tahu, bahwa jika Diet Coke dicampur dengan Mentos akan menimbulkan reaksi berupa munculnya buih berlebihan pada Diet Coke tersebut. Tapi tahukah Anda apa yang menyebabkan itu terjadi?

Ternyata sebenarnya bukan hanya Diet Coke saja yang bisa begitu jika dicampur dengan Mentos. Minuman berkarbonasi lainnya juga akan bereaksi seperti itu. Penyebabnya tak lain adalah, bahwa permukaan Mentos terdiri dari ribuan pori-pori kecil yang mengacaukan atraksi kutub antara molekul air dan menciptakan ribuan situs nukleasi (pembentukan inti) ideal bagi molekul gas yang terkumpul di dalam minuman. Dalam bahasa awam, permukaan berpori akan menciptakan banyak sekali situs pertumbuhan gelembung yang memungkinkan terbentuknya gelembung karbondioksida dengan cepat di permukaan Mentos. Jika yang digunakan adalah Mentos berpermukaan halus, reaksi itu tak akan terjadi.

Kemampuan mengapung dan cepatnya pertumbuhan ukuran gelembung-gelembung tersebut menyebabkan gelembung-gelembung itu meninggalkan situs nukleasi dan naik ke permukaan soda. Gelembung akan berlanjut ke bentuk di permukaan berpori dan proses tersebut berulang-ulang, sehingga menciptakan busa seperti terlihat pada gambar.

Selain itu, gum arabic/ gelatin yang terkandung dalam Mentos, dikombinasikan dengan potasium benzoat, gula atau (kemungkinan besar) aspartame dalam diet soda juga turut berperan dalam proses. Dalam hal ini, bahan-bahan tersebut akan menurunkan tegangan permukaan cairan yang memungkinkan pertumbuhan gelembung makin cepat di permukaan Mentos: makin tinggi tegangan permukaan akan menciptakan lingkungan yang sulit bagi terbentuknya gelembung.

Penyebab kenapa diet soda menghasilkan begitu besar reaksi adalah karena aspartame menurunkan tegangan permukaan cairan lebih besar daripada gula atau sirup jagung. Efek dari reaksi dapat ditingkatkan dengan menambahkan surfaktan (senyawa yang menurunkan tegangan permukaan) ke dalam soda sebelum dimasukkan Mentos, seperti menambahkan campuran sabun pencuci piring dan air.



Faktor lain yang berperan dalam besarnya semburan adalah seberapa cepat obyek menyebabkan busa tenggelam dalam soda. Makin cepat tenggelam makin cepat pula terjadi reaksi. Alasan kenapa Mentos lebih cocok untuk menimbulkan reaksi seperti itu dibandingkan permen yang lain adalah karena Mentos cukup padat, sehingga cenderung tenggelam lebih cepat di dalam cairan. Jika Mentos dihancurkan yang akan membuatnya tidak mudah tenggelam, maka reaksi dramatis tidak akan terjadi. Faktor lain yang dapat berpengaruh pada besarnya geyser/ semburan Coke adalah temperatur Coke. Makin tinggi temperaturnya, makin besar pula semburan yang terjadi, karena gasnya kurang begitu larut dalam cairan pada temperatur tinggi.

Di sisi lain, kafein yang dicampur soda disebut-sebut sebagai sesuatu yang akan meningkatkan reaksi ledakan. Hal ini tidaklah sepenuhnya benar, setidaknya tanpa memperhatikan kecilnya kandungan kafein yang ditemukan di jenis minuman soda 2 literan yang umum digunakan untuk menghasilkan reaksi pada Diet Coke dan Mentos. Dengan kata lain, jika kafeinnya ditambah, kemungkinan akan menghasilkan reaksi yang sama pada Diet Coke jika dicampur dengan Mentos.

Selain itu, ada yang mengatakan bahwa tingkat tingkat keasaman soda merupakan faktor utama dalam menghasilkan semburan. Faktanya, tingkat keasaman dalam Coke sebelum dan sesudah menyembur tidak berbeda, sehingga hal ini mematahkan kemungkinan adanya reaksi berbasis asam (meskipun reaksi berbasis asam bisa dibuat menggunakan baking soda).

Sumber: TIFO

Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments