Otak Kita Jadi Bebal Jika Lupa Membawanya

Sebuah penelitian dari University of Missouri akhirnya menggunakan metode ilmiah untuk membuktikan sebuah fenomena yang menjangkiti orang-orang modern yang sudah semakin tinggi tingkat ketergantungannya pada produk teknologi bernama iPhone.

Menurut mereka, orang akan jadi gelisah jika jauh dari ponselnya. Jika itu terjadi, orang akan mengalami detak jantung tak normal dan peningkatan tekanan darah. Selain itu, ada konsekuensi lain yang mungkin tidak kita sadari. Setelah meminta orang-orang yang dijadikan subyek percobaan untuk melengkapi teka-teki dan tes kognitif lainnya, para peneliti menemukan, bahwa orang yang terpisah dari ponselnya akan menghasilkan kinerja yang lebih buruk dibandingkan dengan mereka yang selalu lengket dengan ponselnya.

Jauh dari ponsel membuat kita bebal alias bego.

Penelitian menunjukkan, bahwa penurunan kemampuan kognitif kemungkinan disebabkan oleh terlalu bingungnya orang-orang tak berponsel, berupa detak jantung tak beraturan, telapak tangan berkeringat, dan meningkatnya tekanan darah, untuk fokus. Pastinya, mereka tak akan bisa mengakses Google dengan cepat dan mudah, bukan?

Sumber: nymag


Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments