10 Cara Alami Hentikan Tekanan Bathin

  • Hidup ini berat.
  • Apa inti dari segala sesuatu?
  • Aku tak pernah merasa bahagia.

Apakah point di atas pernah terbersit dalam pikiran Anda? Tampaknya begitu. Kadang perasaan sedih bisa dianggap normal, tapi bukan berarti mudah mengatasinya. Jika dibiarkan berlarut-larut, pikiran negatif akan makin memburuk dan menimbulkan tekanan batin/ depresi serius. Itulah sebabnya perlu segera diantisipasi sejak dini agar hidup Anda tidak terpuruk.

Mungkin saran berikut ini tidak bisa mengurangi masalah Anda, tapi setidaknya bisa membantu mencegah munculnya pola pikir negatif yang pada akhirnya akan menghentikan tekanan batin Anda. Jika Anda merasa punya masalah kesehatan mental yang serius, jangan ragu untuk menemui dokter spesialis yang kompeten.

1. Memahami siklus emosional.
Hidup ini tak lepas dari fluktuasi emosional - kadang naik, kadang turun. Ada kalanya Anda merasa sangat bersemangat, namun suatu saat seperti mobil kehabisan bensin. Namun seringkali Anda berada di antara keduanya. Memahami pola emosi positif dan negatif akan membantu menempatkan perasaan Anda secara tepat. Saat Anda merasa galau, ingatlah bahwa itu adalah emosi alami yang pasti akan berlalu. Mengetahui bahwa tekanan batin bersifat temporer akan mengurangi kegalauan yang berlebihan.

2. Berteman dengan orang-orang baik
Cara berpikir dan perasaan Anda tak lepas dari interaksi Anda dengan orang lain. Pikiran (baik positif maupun negatif) bersifat menular. Jika Anda dikelilingi oleh orang berperangai buruk, wajar jika Anda mulai berpikir dan merasakan perilaku yang sama. Untuk memperbaiki sikap buruk Anda, bergaullah dengan orang-orang baik. Cari mereka dan coba pahami cara mereka menjalani kehidupan.

3. Bercermin pada keberhasilan masa lalu
Saat mengalami kegagalan, keberhasilan yang pernah diraih akan mudah terlupakan. Luangkan waktu untuk mengingat prestasi Anda di masa lalu dan bangkitkan kembali diri Anda. Apa yang membuat Anda sukses waktu itu? Apa keunggulan Anda? Jika dilakukan secara rutin, latihan ini akan membangun rasa percaya diri, membantu Anda menemukan kesalahan yang menjadikan Anda gagal, dan memunculkan ide-ide yang akan membuat Anda berhasil di masa depan.

4. Selalu bersyukur
Adalah manusiawi membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang lebih berhasil. Penelitian menunjukkan, bahwa orang ingin lebih kaya daripada teman-teman mereka, tapi tidak melakukan upaya yang lebih. Saat Anda merasa hidup Anda lebih baik dibandingkan dengan orang lain yang kurang beruntung, bersyukurlah dan ini akan membuat tekanan batin Anda berkurang.

5. Merubah suasana
Satu cara terbaik merubah perasaan Anda adalah berganti suasana. Saat Anda terpuruk, Anda akan menghubungkan masalah Anda dengan segala sesuatu di sekitar Anda. Hal ini bisa menjadi siklus yang berbahaya. Solusinya adalah merubah sesuatu. Perubahan tak perlu dilakukan secara radikal. Bersih-bersih rumah, menambahkan pencahayaan dalam ruangan, atau menambahkan dekorasi yang menyenangkan akan merubah mood sebuah ruangan.

6. Tinggalkan rutinitas
Melakukan hal yang sama secara rutin setiap hari bisa membuat bosan dan tertekan. Hal ini seringkali menjebak kita pada kebiasaan. Untuk keluar dari situ Anda perlu melakukan perubahan. Jika bisa, ambillah cuti. Lakukan sesuatu yang tidak pernah Anda lakukan atau coba. Dalam jangka panjang, cuti untuk keluar dari rutinitas akan membuat Anda lebih bahagia dan produktif.

7. Beriteraksi dengan hewan dan alam
Betapa menggelikannya melihat orang menganggap masalah kecil mereka begitu pentingnya. Hewan tidak demikian. Burung kecil tidak galau hanya karena ia bukan elang atau karena burung lain dapat biji-bijian lezat. Hewan hidup untuk saat ini dan menunjukkan cinta tanpa syarat. Mengamati dan berinteraksi dengan mereka aka membantu Anda melewati masa-masa sulit yang membuat galau.

8. Bergerak
Saran Johnny Cash yang terkenal, “Get a rhythm, when you get the blues.” Bergerak mengikuti irama membuat orang merasa nyaman. Hal ini berlaku secara umum. Mendatangi gym atau sekedar jalan-jalan akan membantu meredakan kelesuan yang muncul dari rasa tertekan. Jika Anda makin bersemangat melakukannya, perasaan Anda akan jauh lebih baik.

9. Berpikir seluas-luasnya
Kita hanyalah sebutir debu di alam semesta yang maha luas ini. Dengan kata lain, apa yang kita lakukan mungkin akan terlupakan. Ada yang merasa hal ini membuat tertekan, padahal seharusnya tak perlu. Artinya, semua masalah yang kita hadapi hanyalah ilusi. Dalam satu juta tahun yang akan datang tak akan ada seorangpun yang ingat apa yang Anda lakukan atau tidak lakukan. Yang penting adalah momen saat ini dan menikmati setiap detiknya dengan penuh rasa syukur.

10. Berbuat sesuatu untuk membantu diri Anda sendiri
Dari semua itu, cara terbaik untuk mengatasi depresi adalah melakukan sesuatu. Apa masalah terbesar Anda? Bagaimana cara mengatasinya? Begitu Anda memutuskan untuk berhenti galau dan mulai bergerak, Anda tidak akan punya waktu lagi untuk merasa depresi. Bertindak akan membuka pikiran Anda dan membimbing Anda untuk maju. Sekali Anda memperoleh hasil, Anda akan kembali bersemangat dan dengan berpikir positif akan menjadikannya lebih mudah.

Sumber : Pickthebrain.com | Foto : Shutterstock


Related Posts
Previous
« Prev Post

12 comments

November 12, 2013 at 10:51 AM

Terimakasih gan atas informasi yang akurat, tajam dan terpercaya ini. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan yang lebih untuk semua pembaca khususnya saya sendiri.. sumpeh dah ane salut sama postingan agan yang satu itu, baguss beneerrr, jadi ngiri
Sukses selalu dah gan buat ente, berikan terus informasi yang menarik seperti ini

Reply
avatar
November 22, 2013 at 7:59 AM

Semangat pagi!!
informasi ini sangat bagus gan , dan akan lebih bagus lagi jika agan terus posting informasi-informasi yang bermanfaat utnuk orang banyak seperti artikel ini.. Top dah gan buat ente.
ane suka banget sama postingan agan ini

Reply
avatar
November 23, 2013 at 7:52 AM

artikel yang sangat luar biasa, terimaksih untuk informasi yang sangat bermanfaat ini.
Selamat pagi dan selamat beraktifitas :)

Reply
avatar
November 26, 2013 at 8:06 AM

artikel ini sangat bagus dan isinya sangat menarik untuk dibaca, kalo setiap hari orang membuat artikel yang sangat bermanfaat seperti ini saya jamin dah anak indonesia pasti pada pinter dengan berbagai wawasan yang bisa mereka kembangkan.
Sukses aja dah gan buat ente, jangan lupa posting lagi artikel2 yang lainnya
Selamat pagi dan selamat beraktifitas

Reply
avatar
November 30, 2013 at 9:51 AM

Assalamualaikum wr.wb
sebelumnya saya ucapkan terimakasih untuk informasi yang sangat bermanfaat ini.meskipun sedikit dan ringkas bagi saya ini tetap ilmu. Semoga anda selalu sukses dan posting terus artikel artikel yang sangat bermanfaat untuk kami ketahui.
Selamat pagi dan selamat menjalankan aktivitasnya,
Nice Saturday :)

Reply
avatar
December 7, 2013 at 11:46 AM

Terimakasih untuk informasi yang sangat bermanfaat ini, semoga apapun infomasi yang anda berikan dapat bermanfaat untuk semua khususnya pe,baca artikel anda. Sukses selalu gan, saya tunggu informasi-informasi selanjutnya.
Selamat siang

Reply
avatar
December 13, 2013 at 12:49 PM

Selamat pagi, terimakasih untuk infiormasi yang sangat bagus ini, informasi ini sangat bagus dan sayang sekali jika tidak dibaca. Bahasa yang di gunakan sangat baik dan lugas,tidak berbelit belit,rapih. Pokoknya ane acungin jempol buat postingan yang ini. Ditunggu lagi ya postingan yang tidak kalah menarik lainnya.
Sukses selalu buat agan

Reply
avatar
December 20, 2013 at 8:54 AM

Selamat pagi kawan..
Semoga hari ini menjadi hari yang paling bahagia dan merupakan hari keberuntungan bagi ini, tapi jangan cuma hari ini aja semoga besok besok dan besoknya lagi hari hari anda dan juga kita semua di penuhi dengan keberuntungan,kebahagiaan,kesejahteraan,kesehataan dan berlimpah rizky,, Nah pagi ini saya mau mengucapkan terimakasih banyak kepada pembuta artikel ini yang mana telah memberikan artikel yang berisi Informasi yang sangat bermanfaat untuk kami semua. Siapapun anda yang membuat artikel ini saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya dan saya do'akan semoga anda sukses selalu dalam berkarir.
Mohon maaf jika komentar ini terlalu berbelit-belit dan jika ada banyak kata-kata yang salah mohon di maafkan juga.
jadi inti dari komen saya ini adalah "I LIKE THIS ARTIKEL,, AMAZIINNGG!!!" :)

Reply
avatar
January 16, 2014 at 10:24 AM

informasi - informasi yang menarik tuk d baca ,, terimakasih Gan,,,

Reply
avatar

Comments