Komik Godam Reborn 3

Alhamdulillah, akhirnya komik Godam Reborn 3 terbit juga. Komik berjumlah 135 halaman yang waktu pembuatannya cukup lama ini (sekitar 1,5 tahun) ini merupakan karya keroyokan beberapa seniman komik, yaitu Hasmi (pencipta tokoh Gundala Putra Petir), Sungging (putra dari alm. Wid NS yang menciptakan tokoh Godam), Arieswendha (komikus sekaligus desainer grafis pada koran Jawa Pos), Berny Julianto (colorist yang telah berpengalaman mewarnai komik lokal maupun internasional sekaligus dosen pada Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya) dan saya sendiri.

Awal mula pembuatan komik Godam Reborn 3 yang berjudul Godam vs Godam ini dikerjakan oleh Hasmi berdasarkan cerita yang dibuat oleh Sungging. Namun karena faktor usia, Hasmi menyerah saat pengerjaan sketsa sampai halaman 50. Metha Studio selaku penerbit sekaligus pemegang hak cipta Godam Reborn kemudian menyerahkan pengerjaan halaman berikutnya ke saya, termasuk meninta sketsa yang telah dibuat oleh Hasmi. Hal ini membuat saya bangga karena, baik Hasmi maupun Wid NS, adalah komikus idola saya semasa kecil dan kini saya berkarya berdampingan dengan mereka/ karya mereka. Yang juga membanggakan, catatan pembuka komik Godam Reborn dibuat oleh Henry Ismono, seorang jurnalis sekaligus penggemar, pemerhati dan kolektor komik Indonesia yang kerap dijadikan rujukan/ referensi siapapun yang meminati komik Indonesia.

Arieswendha yang bernama asli Siswoyo dan Berny Julianto berperan dalam memberi tata warna komik Godam Reborn 3. Namun karena keduanya mempunyai kesibukan masing-masing sesuai pekerjaan formalnya, saya pun akhirnya melibatkan diri dalam proses pewarnaan, setelah pengerjaan gambar saya tuntaskan. Akan halnya Sungging, di samping membuat skrip cerita, juga melakukan proses lettering (pembuatan balon kata pada komik) dan lay out sebelum masuk proses cetak.

Semua jerih payah dalam pembuatan komik itu akhirnya terpuaskan saat saya mendapatkan sample komik dari pihak penerbit. Sayangnya, karena keterbatasan anggaran, komik tersebut dicetak dalam format grayscale. Penerbit hanya akan menerbitkan versi full color jika ada 100 peminat yang menginginkan komik berwarna (preview versi full color bisa dilihat di sini). Tapi tak apalah. Yang penting komik Godam Reborn 3 terbit setelah terombang-ambing dalam ketidakpastian penerbitannya selama + 9 bulan.

Bagi Anda yang berminat memiliki komik Godam Reborn 3 : Godam vs Godam, silakan hubungi Metha Studio Jogja u/p. Bp. Chairul, no. HP 081 0826 9291. Harga per eksemplar Rp. 35.000,- ditambah ongkos kirim Rp. 7.500,-. Jika Anda ingin memesan edisi full color juga bisa menghubungi nomor tersebut. (mp2)


Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments