Cara Menghadap Interview Kerja dengan Perilaku dan Sikap yang Benar

Saat memenuhi panggilan interview kemungkinan Anda akan diminta mengisi form dengan pertanyaan yang bertele-tele. Mungkin Anda merasa itu tak perlu, tapi mau tak mau Anda harus mengisinya dengan sikap yang sopan dan berusaha menyembunyikan ketidaksabaran Anda di depan petugas/ resepsionis yang menerima kedatangan Anda.

Begitu bertatap muka dengan petugas perekrut, biasanya diawali dengan perbincangan ringan. Hal ini dimaksudkan agar Anda merasa relaks dan tidak terlalu nervous.

Di sini persiapan Anda menghadapi intervew akan terasa manfaatnya. Pertanyaan terberat mungkin akan berupa “ceritakan tentang diri Anda” dan membuat fokus Anda kacau jika Anda tidak siap. Mulailah dengan menjelaskan kenapa Anda tertarik untuk mengisi lowongan ini atau menjabarkan pemahaman Anda tentang posisi yang ditawarkan. Mungkin Anda akan mengatakan, “Pada iklan lowongan kerja, disebutkan bahwa pengalaman di bidang programming akan sangat membantu, tapi tidak dibutuhkan. Kenapa begitu?” Adalah penting untuk selalu memberikan respon yang fokus pada pertanyaan yang akan membuat Anda menjawab dengan tepat.

Penting juga untuk memberikan keleluasan kepada penginterview dalam memandu sesi interview. Agar informasi kita bisa diterima dengan baik, kita harus berhati-hati agar tidak kehilangan fokus. Penginterview harus mengintegrasikan setiap jawaban yang Anda berikan dan itulah sebabnya jangan sekalipun menyimpang dari pertanyaan yang diajukan.

Persiapan yang matang dalam menghadapi interview kerja akan membuat Anda mampu menjawab dengan lugas dan terarah karena mungkin waktu yang tersedia sangat singkat. Artinya, jika Anda dtanya seputar riwayat pendidikan, jawablah hanya seputar riwayat pendidikan Anda dan jangan mengarang cerita. Dengan menjawab secara singkat tapi padat akan membuat penginterview beralih ke topik pembicaraan berikutnya.

Di lain pihak, Anda dapat menjawab pertanyaan dan memberikan informasi yang akan berguna bagi Anda, seperti mengutarakan bagaimana Anda berkontribusi pada pertumbuhan perusahaan. Hal ini dapat dilakukan tanpa bernada sombong atau sok pintar. Penginterview yang baik akan memberikan kesempatan kepada pelamar untuk bicara banyak dengan memandu mereka agar memperoleh informasi yang dibutuhkan. Momen ini sangat berharga untuk membuat penginterview terkesan.

Sumber : job-interviewtips.com


Related Posts
Previous
« Prev Post

Comments